Tips Mengatasi Rasa Gatal Karena Alergi

Alergi adalah sebuah jenis hipersensitivitas yang disebabkan oleh reaksi yang berlebihan oleh sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu. Sejatinya, alergi bukanlah sebuah penyakit melainkan sebuah respon tubuh terhadap benda asing atau rangsangan yang tidak menyenangkan. Respon dari alergi ini sifatnya berbeda dengan respon tubuh terhadap suatu benda atau rangsangan.

Adapun beberapa tips mengatasi rasa gatal karena alergi, diantaranya yaitu:

  • Kulit pisang

Kulit pisang telah dipercaya sejak lama mampu menghilangkan rasa gatal di tubuh dengan kualitas pendingin yang melekat pada kulit pisang. Cukup gosokkan kulit pisang pada kulit yang diserang rasa gatal.

  • Oatmeal

Jika seluruh badan anda gatal, haluskan satu cangkir oatmeal kemudian tuangkan kedalam sepotong kain tipis seperti kain nilon yang bersih atau stocking bersih. Ikat seperti sebuah buntelan dibawah kreang bak mandi atau rendam buntelan itu di dalam bak mandi yang berisi air hangat selama 30menit.

  • Kompres Air dingin

Buat kompresan dari air dingin dan letakkan dibagian tubuh yang gatal guna mencegah meluasnya rasa gatal dan menghindari luka lecet akibat garukan.

  • mentimun

Mentimun dapat meringankan rasa gatal dan mengurangi rasa sakit dengan sensasi dinginnya. Iris atau haluskan timun kemudian letakkan pada bagian tubuh atau kulit anda yang gatal

  • Air teh

Celupkan kapas yang dipadatkan seperti sebuah bola ke dalam teh hangat. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang terinfeksi gatal dan biarkan sampai kering.

  • Lidah buaya

Gel dari tanaman lidah buaya mampu mengurangi rasa perih akibat rasa gatal yang menyerang tubuh. Oleskan gel kulit buaya bagian tubuh yang perih. Diamkan beberapa saat dan lihat hasilnya.

  • Air jeruk

Asam yang terkandung pada air jeruk mengandung zat alami yang dapt membantu menghilangkan rasa gatal akibat daun beracun. Oleskan segera pada kulit yang terkontaminasi racun daun penyebab rasa gatal.

  • Cuka sari Apel

Rendam sebuah kantong kertas yang biasa digunakan sebagai kantong belanjaan dengan menggunakan cuka sari apel sampai meresap. Kemudian letakkan kertas itu pada bagian kulit yang gatal. Kertas itu nantinya akan menarik racun yang menyebabkan rasa gatal itu.

  • Soda kue

Untuk menghilangkan racun yang menyebabkan rasa gatal khususnya kulit yang lepuh, campurkan tiga sendok teh soda kue dengan satu sendok teh air. Usapkan campuran itu pada bagian kulit yang terinfeksi. Untuk luka kulit yang melepuh, tuangkan dua sendok teh soda kue ke dalam satu liter air lalu masukkan bantalan kain kasa yang steril. Tutup kulit yang melepuh dengan bantalan basah itu selama sepuluh menit dan lakukan empat kali dalam sehari.

  • Air mengalir

Bersihkan bagian tubuh yang terinfeksi rasa gatal dibawah aliran air, dapat ditambahkan sabun jika perlu, guna membantu memperkecil bekas luka yang timbul.

Itulah beberapa tips mengatasi rasa gatal karena alergi. Terimakasih atas kunjungannya. Dan bila anda sedang mencari solusi pengobatan untuk penyakit alergi ini, silahkan masuk ke halaman obat alergi, untuk mengetahui lebih lengkapnya.

[sumber: tempo.co]

Tips Mengatasi Rasa Gatal Karena Alergi | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!