Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Kulit Gatal Alergi

obatalergialami.com – Pada umumnya tubuh akan meningkatkan imunitas ketika masuknya subtansi asing ke dalam tubuh. Akan tetapi ketika terlalu berlebihan merespon subtansi tersebut, tubuh akan mengalami hiper-sensitif berupa alergi. Reaksi alergi yang paling sering terjadi adalah pada bagian kulit. Ketika alergi kambuh, maka akan muncul ruam kemerahan pada kulit dan terasa sangat gatal hingga panas. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menggunakan ramuan tradisional untuk mengobati kulit gatal alergi yang berasal dari bahan alami.

Ramuan Tradisional Dari Bahan Alami Untuk Mengobati Kulit Gatal Alergi

Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Kulit Gatal Alergi

Munculnya reaksi alergi pada kulit bisa disebabkan oleh makanan, obat-obatan, hewan, atau virus yang memicu kambuhnya alergi. Karena itu, bagi anda yang memiliki alergi, sebaiknya menjauhi penyebab alergi tersebut. Anda juga bisa mengatasi kulit yang gatal karena alergi dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Lantas bahan alami apa saja yang bisa digunakan untuk membuat ramuan tersebut ?

1. Kunyit dan Daun Sambiloto
Kunyit sudah sejak lama dipercaya bisa mengatasi bebagai masalah pada kulit. Untuk mengatasi gatal pada kulit akibat alergi yang anda butuhkan adalah kunyit yang sudah tua. Tumbuk kunyit tersebut dengan beberapa daun sambiloto sampai halus. Jangan lupa untuk mencuci kunyit dan daun sembiloto terlebih dahulu untuk menghindari kemungkinan terjadinya iritasi kulit lainnya. Kemudian baru anda oleskan hasil tumbukan pada bagian kulit yang gatal.

2. Lemon dan Minyak Kelapa
Cara selanjutnya untuk mengatasi kulit gatal alergi adalah dengan lemon dan minyak kelapa. Langkah-langkahnya cukup sederhana. Pertama perus air lemon, kemudian campurkan perasannya dengan minyak kelapa. Setelah itu, baru dioleskan ke bagian kulit yang terasa gatal. Biarkan selama satu malam dan tunggu sampai gatal-gatal tersebut berkurang, lalu bilas dengan air.

3. Lidah Buaya
Gatal yang muncul akibat alergi terkadang bisa menimbulkan bentol yang berisi cairan. Untuk mengatasi gatal jenis ini anda bisa menggunakan lidah buaya. Tanaman lidah buaya sudah lama terbukti mampu mengatasi banyak jenis penyakit kulit, baik untuk kulit gatal berair maupun kering. Caranya sangat mudah. Potong daun lidah buaya, lalu oleskan cairan atau gelnya ke bagian kulit yang bermasalah. Anda dapat menyimpan sisa potongannya di freezer paling lama satu minggu dan menggunakannya dikemudian hari.

4. Jahe
Anda juga bisa mengobati kulit alergi dengan jahe yang biasa digunakan sebagai bahan rempah-rempah. Siapkan 1 ruas jahe, kemudian rebus hingga mendidih dan saring air rebusan tersebut. Air rebusan jahe bisa anda minum atau dioleskan pada kulit untuk mengatasi gatal akibat alergi.

5. Daun Salam
Selain digunakan untuk penambah citarasa masakan, daun salam ternyata bisa juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional mengatasi gatal-gatal. Caranya pun cukup mudah. Cuci dan haluskan beberapa lembar daun salam, kemudian tempelkan pada kulit yang mengalami gatal-gatal. Lakukan hal ini secara teratur, 2 hingga 3 kali sehari.

6. Air Kelapa Muda
Menggunakan air kelapa muda untuk mengatasi alergi adalah hal yang tepat. Seperti yang kita ketahui alergi yang timbul biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti udara dingin dan juga makanan. Kandungan nutrisi pada air kelapa muda mampu membunuh dan melawan toksin penyebab alergi dalam tubuh. Anda cukup mengkonsumsi air kelapa muda 1 gelas sehari untuk mengatasi alergi.

7. Daun Peppermint
Daun peppermint cocok untuk mengatasi gatal pada kulit yang disebabkan oleh alergi maupun hal lainnya. Tanaman ini dapat mengurangi iritasi dan pembengkakan pada kulit. Selain itu, daun peppermint juga dapat memberikan sensasi dingin dan rasa nyaman pada kulit. Cara pemakaiannya sangat mudah, yaitu anda tinggal menggosokkan daun peppermint pada area kulit yang mangalami gatal, tunggu beberapa saat hingga meresap, kemudian bilas dengan air bersih.

Selain menggunakan ramuan tradisional untuk mengobati kulit gatal alergi di atas, anda juga harus selalu menjaga kebersihan kulit agar mempercepat proses penyembuhan. Hindari menggaruk kulit yang terasa gatal, karena bisa memperparah kondisi iritasi. Anda juga tidak disarankan untuk menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau dari bahan wol, karena bisa menambah rasa gatal.

| Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Kulit Gatal Alergi

Baca Juga :
Makanan Untuk Penderita Gatal Alergi
Obat Alami Mengatasi Ruam Kulit Gatal Karena Alergi
Tips Mengatasi Rasa Gatal Karena Alergi

Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Kulit Gatal Alergi | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!