Proses Terjadinya Alergi Pada Tubuh

Proses Terjadinya Alergi,- Dalam tubuh kita ada 5 jenis antibodi atau imunoglobulin antara lain G,A,M,E dan D, yang banyak berperan pada reaksi alergi adalah antibodi atau Imunoglobulin E. Dalam tubuh penderita alergi, mempunyai kadar antibodi atau imunoglobulin E tinggi yang spesifik terhadap zat-zat tertentu yang menimbulkan reaksi alergi (zat alergen). Misalnya debu, susu, ikan laut, dan lain lain. Di dalam jaringan tubuh, antibodi atau imunoglobulin E yang bereaksi pada alergen-alergen diatas menempel pada sel mast (sel yang berperan pada reaksi alergi dan peradangan). Bila antibodi atau imunoglobulin E ini kontak lagi dengan zat-zat terkait seperti misalnya protein susu sapi, protein telur, tungau debu rumah dan lain-lain, maka sel mast ini mengalami degranulasi (pecah) dan mengeluarkan zat-zat seperti histamin, kinin dan bradikinin yang terkandung dalam granulanya yang berperan pada rekasi alergi. Zat-zat tersebut yang menimbulkan gejala alergi seperti gatal-gatal (biduran), sisim saluran napas (alergi asma, rhinitis alergi), saluran cerna (diare, muntah), kulit (biduran, eksim), mata (konjungtivitis alergika) serta susunan saraf (sakit kepala dan lain-lain).

Reaksi Alergi Setelah Terkena Zat Allergen

Proses Terjadinya Alergi Pada TubuhReaksi alergi ini memerlukan waktu yang disebut proses sensitisasi yaitu masa sejak kontak dengan alergen sampai terjadinya reaksi alergi. Reaksi alergi dapat terjadi kalau kadar imunoglobulin E sudah cukup banyak. Awal kontak dengan alergen mulai timbul perlawanan dari tubuh yang mempunyai bakat atopik yaitu terbentuknya antibodi atau imunoglobulin yang spesifik. Bila kontak terjadap alergen ini berlangsung terus menerus, kadar imunoglobulin E yang spesifik terhadap alergen makin banyak sampai suatu saat dapat menimbulkan rekasi alergi bila kontak dengan alergen itu lagi. Oleh karena itu, sering seorang itu terkejut, bila diberi tahu anaknya alergi susu sapi karena sejak kecil minum formula susu sapi tidak bereaksi apa-apa. Munculnya reaksi alergi terhadap alergen sejak kontak pertama kali atau disebut sebagai proses sensitisasi dapat timbul dalam waktu singkat atau beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian. Tergantung pada seringnya kontak dengan alergen atau kepekaan seseorang terhadap alergen tersebut. Sebagai contoh, bayi yang minum formula susu sapi dapat timbul gejala alergi dalam satu minggu atau setelah usia satu tahun, sehingga baik pasien atau dokter sering tidak menduga kalau formula susu sapi ini sebagai penyebabnya. Untuk itu diperlukan pemeriksaan penunjang laboratorium yang khusus atau uji eliminasi provokasi. Masalahnya, gejala alergi yang ringan bila tidak diatasi dengan obat alergi, semakin lama akan menjadi semakin berat. Jika arlegen tidak dihindari, kadar imunoglobulin E yang spesifik terhadap alergen itu akan semakin meningkat. Sel mast yang mengalami degranulasi (pecah) dapat mengeluarkan suatu zat yang disebut interleukin 4 yang dapat merangsang sel limfosit B untuk menghasilkan imunoglobulin E lebih banyak lagi. Reaksi alergi yang berlanjut dapat menghasilkan zat m├ędiator baru yang lebih poten dari zat histamin antara lain leukotrien. Keadaan ini terutama terjadi pada penyakit alergi yang kronis. Bila terjadi hal seperti ini, umumnya orang kebal dengan obat alergi antihistamin biasa. Diperlukan obat anti radang yang lebih kuat seperti obat golongan kortikosteroid untuk pengobatan alergi-nya. Oleh karena itu pencegahan alergi dan penanganan dini penyakit alergi sangat penting supaya tidak berlanjut menjadi kronis. Di dunia medis, sampai sekarang belum ditemukan obat alergi untuk mengatasi alergi tersebut. Sehingga penderita Alergi lebih ditekankan untuk menjauhi alergen atau penyebab alergi.

Itulah proses terjadinya alergi yang terjadi pada tubuh kita. Untuk meminimalisir alergi itu terjadi alangkah baiknya kita lebih mengetahui mengenai apa-apa saja yang dapat menjadi pemicu terjadinya alergi. Dan apabila alergi telah menyerang anda, cobalah dengan melakukan pengobatan dengan obat alergi alami.

Semoga artikel yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi anda dan menambah wawasan anda mengenai penyakit alergi. Terimakasih telah berkunjung diwebsite kami .. Salam Sehat Sejahtera Untuk Semua

| Proses Terjadinya Alergi

Proses Terjadinya Alergi Pada Tubuh | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!