Penyebab Gatal-Gatal Pada Kulit

Sebelumnya kita telah menjelaskan mengenai lapisan-lapisan kulit serta fungsinya. Dan kadang kulit selalu mengalami gangguan seperti gatal, merah-merah, untuk mengetahui hal itu semua, kita terlebih dahulu harus mencari tahu mengenai apa saja yang menjadi penyebab gatal-gatal pada kulit. Namun sebelum itu, kita akan menjelaskan mengenai apa itu gatal? Gatal merupakan perasaan yang secara otomatis atau refleks menuntut seseorang untuk menggaruk. Penggarukkan inilah yang menyebabkan kulit menjadi merah yang disebabkan oleh iritasi, gatal terjadi karena adanya reaksi alergi bahan kimia, makanan, sengatan serangga, sinar matahari dan obat-obatan. Meskipun gatal bukanlah suat penyakit yang mengkhawatirkan. Tapi jika dibiarkan begitu saja, maka akan mengalami masalah yang lebih serius seperti luka garukan menjadi infeksi, bakteri dan virus menjadi mudah masuk sehingga menyebabkan nanah. Hal inilah yang bisa masuk kebagian tubuh lainnya dan berakibat fatal bahkan kematian.

Secara ringkas, penyebab kulit gatal bisa akibat dari ruam lokal atau kondisi kulit lainnya, seperti psoriasis atau dermatitis. Atau penyebab gatal pada kulit merupakan akibat daripenyakit dalam (sistemik) seperti penyakit hati atau gagal ginjal. Penyebab lokal menimbulkan gatal hnay pada kulit yang terkena sedangkan penyebab sistemik menimbulkan gatal pada kulit seluruh tubuh. Secara lebih rinci, berikut berbagai penyebab gatal pada kulit.

  • gatallKulit kering

Kulit kering yang tidak disertai dengan perubahan kulit lainnya, seperti ruam, paling sering disebabkan oleh kulit kering (xerosis). Kulit kering biasanya dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti cuaca panas atau dingin dengan tingkat kelemababan yang rendah, penggunaan AC jangka panjang dan mencuci atau mandi terlalu sering.

  • Penyakit kulit dan ruam

Banyak penyakit kulit yang menyebabkan kulit gatal, seperti: eksim (dermatitis), psoriasis, kudis, kutu, cacar air, panu, kulit jamuran, biduran, dll. Dalam kasusu ini, gatal biasanya mempengaruhi daerah tertentu dan disertai dengan tanda-tanda lain, seperti merah, kulit yang teriritasi, benolan dan lecet.

  • Penyakit Dalam

Penyakit dalam yang dapat menyebabkan gatal, diantaranya hati, malabsorpsi gandum (penyakit celiac), gagal ginjal, anemia defisiensi besi, masalah tiroid, dan kanker, termasuk leukemia dan limfoma. Dalam kasus ini, gatal biasanya mempengaruhi seluruh tubuh bukan satu daerah kulit tertentu. Kulit mungkin terlihat normal kecuali untuk dareh kulit berulang kali digaruk sehingga terdapat goreasan atau lecet.

  • Gangguan saraf

Gangguan saraf juga dapat menyebabkan gatal. Kondisi yang mempengaruhi sistem saraf seperti multiple sclerosis, diabetes mellitus, saraf kejepit dan herpes zoster (dompo) dapat menyebabkan gatal-gatal.

  • Iritasi dan rekasi alergi

Wol, bahan kimia, sabun dan zat lainnya dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan rasa gatal. Kadang-kadang zat tertentu dapat menyebabkan rekasi alergi, seperti alergi kosmetik. Alergi makanan juga dapat menyebabkan reaksi gatal pada kulit. Cara termudah untuk mengetahui hal ini adalah gatal akan muncul tidak lama setelah kita memakai atau memakan zat tertentu dan apabila zat atau makanan tersebut idak kita pakai maka gatal akan hilang.

  • Obat

Reaksi terhadap obat-obatan seperti antibiotik, antijamur, atau obat nyeri narkotika, dapat menyebabkan ruam dan gatal-gatal yang luar. Terkenal dengan istilah drug erruption dan alergi obat.

  • Kehamilan

Beberapa wanita mengalmai kulit gatal selama kehamilan, terutama pada bagian perutm paha, payudara dan lengan. Apbaila sebelum hamil seorang wanita memiliki penyakit kulit seperti eksim (dermatitis), maka kondisinya dapat memburuk selama kehamilan.

Itulah berbagai penyebab kulit gatal yang harus anda ketahui agar dapat mengarahkan anda bagaimana seharusnya anda berbuat. Dan bagi anda yang kini sedang mencari solusi pengobatan kami juga merekomendasikan sebuah pengobatan alami klik disini untuk mengetahui obat alergi.

Dan terimakasih anda telah berkunjung di website kami. Semoga artikel kami selalu memberikan manfaat dan menambah wawasan anda. Serta semoga anda selalu diberikan kesehatan dan keselaman. Aamiin

 

 

 

[sumber: mediskus.com]

Penyebab Gatal-Gatal Pada Kulit | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!