Pemberian Kacang Sejak Dini Dapat Turunkan Risiko Alergi

Pada tahun 2015 kemarin sebuah study yang dilakukan oleh peneliti dari The King’s College London, Inggris, menunjukkan bahwa alergi kacang pada anak dapat dicegah dengan cara mengenalkan produk kacang-kacangan sejak bayi, yakni diusia mereka sudah bisa mendapat makanan pada, sehingga risiko munculnya alergi dapat berkurang hingga 80%. Hal ini dikarenakan efek kekebalan atau pertahanan dari paparan dini tersebut mampu bertahan bertahun-tahun atau dalam jangka panjang terhadap alergi.

Pemberian Kacang Sejak Dini Dapat Turunkan Risiko Alergi

Dalam laporan di New England Journal of Medicine, sebanyak 550 anak yang dinilai rentan untuk terkena alergi kacang ikut serta dalam tes. Partisipasi yang saat itu berusia dibawah 11 bulan dibagi menjadi 2 kelompok dengan 1 kelompok mendapat paparan dini kacang dan kelompok lainnya tidak.

Baca Juga: Obat Alergi

Hasilnya, anak yang mendapat paparan kacang lebih sedikit terkena alergi dibandingkan dengan anak yang tidak, dan efek tersebut diperhatikan tetap ada bahkan setelah usia anak menginjak 6 tahun dan berhenti mengkonsumsi kacang. Namun meski demikian, tim pakar menekankan bahwa para orang tua tetap harus berkonsultasi ke dokter sebelum memberi bayi atau anak mereka makanan kacang-kacangan.

Menurut Prof Lack studinya selain menampakkan solusi namun juga bisa jadi petunjuk mengapa saat ini semakin banyak anak terkena alergi. Kemungkinan karena orang tua takut anak alergi maka banyak bahan makanan dijauhkan, padahal hal ini malah bisa membuat anak tak membangun kekebalan.

Baca juga: Dampak Buruk Waxing Bagi Kesehatan Kulit

“Saya percaya ketakutan terhadap alergi makanan telah menjadi ramalan yang kita penuhi sendiri. Karena bahan makanan dihindarkan dari diet sehari-hari, anak jadi gagal membentuk toleransi,” tutup Prof Lack.

 

| Pemberian Kacang Sejak Dini Dapat Turunkan Risiko Alergi

Pemberian Kacang Sejak Dini Dapat Turunkan Risiko Alergi | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!