Pembengkakan Pada Bibir Akibat Reaksi Alergi

Alergi terjadi ketika sistem imun tubuh bereaksi berlebihan terhadap benda atau zat asing seperti serbuk bunga, racun lebah ataupun bulu binatang. Sistem imun memproduksi protein yang disebut IgE antibodies. Antibodi ini melindungi tubuh dari benda atau zat yang tidak diinginkan yang bisa membuat anda sakit atau menyebabkan infeksi.

Penyebab Pembengkakan Pada Bibir

pembengkakan bibir

pembengkakan pada bibir

  • Pembengkakan pada bibir merupakan salah satu rekasi alergi terhadap zat makanan tertentu, serbuk sari atau alergen lain dilingkungan. Berbagai alergen seperti serbuk sari, debu, bulu binatang atau kontaminan industri atau patologis dapat menyebabkan bibir membengkak. Reaksi alergi biasanya dimulai dengan sensai kesemutan dan kemudian mengarah ke pembengkakan.
  • Pembengkakan dapat bertahan selama beberapa jam. Alergi makanan (terutama yang berkaitan dengan kacang dan kerang) dapat menyebabkan pembengkakan bibir dan lidah, bersama dengan gejala lain seperti gatal sepanjang bibir dan ruam di sekitar mulut.
  • Pembengkakan bibir juga bisa dihasilkan dari gigitan dan sengatan serangga seperti lebah dan tawon, semut, dll. Disini juga mekanisme ini mirip dengan reaksi alergi, hanya disini racun serangga bertidak sebagai allergen.
  • Pembengkakan bibir dapat menjadi efek samping dari obat-obatan tertentu.
  • Kondisi medis tertentu seperti penyakit Crohn, glucagonoma, myxedema, psoriasis, eksim dan angioedema herediter dapat menyebabkan pembengkakan bibir.
  • Akromegali adalah kondisi medis yang menyebabkan kulit pada wajah, tangan atau kaki menebal atau membengkak. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan, skala dan pendarahan dari bibir serta perubahan tekstur dan warna kulit.
  • Kekurangan vitamin B juga dapat menyebabkan pembengkakan pada sudut bibir. Orang akan merasa sulit untuk membuka mulutnya.
  • Infeksi virus, seperti herpes oral, juga dapat menyebabkan pembengkakan atau lecet pada bibir.
    Penyebab lainnya adalah cedera pada bibir.

Cara terbaik untuk mencegah pembengkakan pada bibir adalah dengan merawat bibir secara rutin. Hindari mengkonsumsi makanan pemicu alergi. Jauhkan kulit mati dari bibir dengan cara menggosok lembut bibir setidaknya dua kali seminggu menggunakan bahan alami seperti tepung jagung atau paket jus lemon-gula. Pastikan untuk menerapkan pelembap setiap kali menggosok bibir untuk menjaga bibir anda semakin kering dan pecah-pecah. Gunakan lip balm ringan setiap hari untuk menjaga bibir anda lembut dan lentur. Baca juga artikel kami mengenai obat alergi.

| Pembengkakan Pada Bibir Akibat Reaksi Alergi

[sumber: tipkecantikan]

Pembengkakan Pada Bibir Akibat Reaksi Alergi | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!