Mengenal Fungsi dari Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

Sebelumnya kita telah membahas mengenai obat alergi serta solusi alami yang efektif untuk menghilangkan alergi. Dan kini kami akan menulis artikel mengenai mengenal fungsi dari sistem kekebalan tubuh manusia.

Fungsi Dari Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

kekebalan tubuh

Seperti yang telah saya jelaskan, alergi adalah kegagalan fungsi imunitas atau kekebalan tubuh dimana seseorang mengalami sensitifitas berlebihan terhadap satu bahan atau zat tertentu. Nah, penyakit alergi ini ada kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh kita. So, apa sebenernya fungsi dari sistem kekebalan itu sendiri?

Fungsi dari sistem kekebalan tubuh adalah untuk menjada dari mikroorganisme penyebab penyakit seperti bakteri, virus, dan jamur tertentu, keluar dari tubuh dan menghancurkannya. Sistem kekebalan tubuh terdiri dari jaringan yang kompleks dan penting dari sel dan organ yang melindungi tubuh dari infeksi.

Organ-organ yang terlibat dengan sistem kekebalan tubuh disebut organ limfoid yang mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan pelepasan limfosit (suatu jenis sel darah putih). Pembuluh darah dan pembuluh limfatik adalah bagian penting dari organ limfoid karena mereka membawa limfosit ke dan dari daerah yang berbeda dalam tubuh. Setiap organ limfoid memainkan peran dalam produksi dan aktivitas limfosit.

Terdapat kekabalan tubuh alami, maksudnya sistem kekebalan tubuh memiliki tanggung jawab yang berbeda. Sistem kekebalan tubuh tidak hanya memberikan perlindungan dari infeksi melalui penghalang almai, tetapi juga menyesuaikan diri untuk memberikan kekebalan terhadap infeksi dengan “mengingat” mikroorganisme menular dari paparan sebelumnya. Tingkat dan lamanya kekebalan tergantung pada jenis dan jumlah antigen dan bagaimana ia masuk ke dalam tubuh.

Kekebalan alami dibuat oleh penghadang alami tubuh seperti kulit, dan zat pelindung di mulut, saluran kemih dan pada permukaan mata. Tipe lain dari kekebalan alami adalah dalam bentuk antibodi yang diwariskan dari ibu ke anak.

Kekebalan yang diperoleh (bukan bawaan) berkembang melalui paparan mikroorganisme asing, racun atau benda asing tertentu. yang di ingat oleh sistem kekebalan tubuh. Ketika antigen yang masuk dalam tubuh lagi, sistem kekebalan tubuh”ingat” persis bagaimana untuk menanggapinya, seperti dengan cacar air. Sekali seseorang terkena cacar air atau vaksin cacar air, sistem kekebalan tubuh akan menghasilkan antibodi spesifik terhadap cacar. Ketika itu orang yang sama terkena cacar lagi, sistem kekebalan tubuh akan memicu pelepasan antibodi cacar tertentu untuk melawan penyakit.

Ketika sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi dengan baik, tubuh menjadi rentan terhadap berbagai penyakit. Alergi dan hipersensitivitas terhadap zat tertentu dianggap gangguan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, sistem kekebalan tubuh memainkan peran dalam proses penolakan transplantasi organ atau jaringan. Contoh lain dari gangguan kekebalan tubuh termasuk:

Kanker dari sistem kekebalan tubuh

  • Penyakit autoimun, seperti: diabetes juvenile, rheumatoid arthritis, dan anemia
  • Kekebalan tubuh yang kompleks, seperti: virus hepatitis dan malaria, penyakit immunodeficiency, seperti acquired immunodeficiency syndrome (AIDS).

Nah itulah pentingnya kita mengenal fungsi dari sistem kekebalan tubuh. Terimakasih telah berkunjung diwebsite kami. Semoga artikel kami menambah wawasan bagi anda para pembaca.

 

 

 

[sumber: teruskan.com]

Mengenal Fungsi dari Sistem Kekebalan Tubuh Manusia | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!