Mengenal Bahaya Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Sinar matahari merupakan piranti utama dalam penerangan di planet bumi, tanpa sinar dari matahari maka bumi akan gelap gulita. Selain itu, sinar matahari dalam periode waktu tertentu yakni mulai jam 07:00 – 10:00 dapat membantu proses pembentukan makanan yang mengandung vitamin D di dalam tubuh. Terlepas dari manfaatnya bagi kehidupan, ternyata cahaya matahari juga berbahaya bagi kesehatan jika terpapar langsung pada kulit pada periode waktu tertentu yakni mulai jam 10 :00 – 16:00. Berikut ini beberapa bahaya paparan sinar matahari secara langsung.

Mengenal Bahaya Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

bahaya paparan sinar matahari

  • Menyebabkan kulit lebih cepat berkerut

Berkerutnya kulit merupakan salah satu tanda penuaan yang harus diwaspadai. Fase awal terbentuknya kerutan pada kulit ditandai dengan kulit yang semakin kasar dan kehilangan kelembaban alaminya. Kedua gejala tersebut merupakan faktor yang mempercepat kulit berkerut akibat rusaknya fungsi kolagen yang berada didalam lapisan jaringan kulit.

Baca Juga: Obat Alergi Alami

  • Menyebabkan kulit kasar

Kulit kasar disebabkan rusaknya kolagen pada lapisan kulit akibat paparan sinar matahari, untuk mencegah ini disarankan untuk selalu mengoleskan krim tabir surya atau sun block ketika keluar ruangan secara berkala.

  • Penyebab munculnya komedo pada wajah

Paparan sinar matahari secara langsung pada kulit ini berpotensi menghilangkan kadar normal dari Ph kulit yang semestinya. Pada wajah yang mempunyai tone warna kulit putih dan cerah, komedo ini akan terlihat sangat mencolok.

  • Membuat kulit terbakar

Jadi kulit lebih berpotensi terbakar jika berada dibawah paparan sinar matahari secara langsung meskipun cuaca saat itu berada pada keadaan berawan. Bahkan radiasi dari paparan sinar matahari pada musim panas dapat menembus kaca dan membakar kulit.

Baca Juga: Mengenal Gejala Alergi Telur Pada Anak

  • Meningkatkan risiko kerusakan kulit

Kerusakan kulit ditandai dengan berubahnya pigmen kulit yakni menjadi kemerahan bahkan berwarna coklat terbakar. Radiasi UVA dan UVB yang mengenai kulit sangat berpotensi memicu reaksi inflamasi yang mengancam kesehatan tubuh manusia. Dampak lain dari kerusakan kulit ini yakni degenerasi jaringan ikat pada kulit yang berujung pada gejala penuaan dini.

  • Meningkatkan risiko penyakit kanker

Paparan sinar matahari atau radiasi matahari yang terjadi secara terus-menerus dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya berdampak pada kesehatan dan kecantikan kulit semata, akan tetapi terdapat juga resiko penyakit ganas seperti kanker dan tumor. Tingginya kandungan trigliserid merupakan salah satu faktor munculnya kanker didalam tubuh.

Sinar ultraviolet A dan B yang biasa disebut dengan istilah sinar UVA dan UVB ini sangat tidak baik bagi tubuh jika terpapar dalam jangka waktu yang lama.

Itulah bahaya-bahaya yang ditimbulkan bila kulit terkena paparan sinar matahari secara langsung.

| Mengenal Bahaya Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Mengenal Bahaya Paparan Sinar Matahari Secara Langsung | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!