Masalah Kesehatan yang Diakibatkan Oleh Stress

Stress atau tekanan pikiran yang disebabkan suatu kondisi tertentu dapat mempengaruhi gaya hidup seseorang, prilaku dan kebiasaan seseorang.

Stress ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan seseorang, karena ketika stress terjadi, adrenalin yang merupakan respon awal stress kadang-kadang bisa menimbulkan risiko kesehatan, namun yang paling bahaya adalah adanya pelepasan kartisol, dimana kartisol ini merupakan hormon stress yang buruk. Kartisol tidak banyak memiliki fungsi penting tubuh, namun salah satunya adalah untuk menghentikan peradangan. Hanya saja, ketika stress kronis terjadi, maka kortisol akan mengalir tanpa henti. Hal inilah yang memicu berbagai penyakit. Lalu penyakit apa saja yang disebabkan oleh stress? Berikut ini masalah kesehatan yang diakibatkan oleh stress.

Masalah Kesehatan yang Diakibatkan Oleh Stress

masalah kesehatan yang disebabkan oleh stress

  • Ruam merah dan gatal

Kulit mendadak ruam kemerahan dan juga gatal, penyebabnya bukan hanya disebabkan oleh alergi saja namun bisa juga diakibatkan oleh stress. Ketika tubuh mengalami stress yang berlebihan (baik jangka pendek atau panjang), sistem imun akan kacau dan tubuh mulai melepaskan histamin untuk melawan musuh.

Baca Juga: Obat Alergi

Bila stress belum reda, kita akan mengalami reaksi alergi dan gejalanya dirasakan dikulit. Ketika sistem imun kita lemah akibat stress, kulit juga mudah iritasi oleh hal-hal yang sebelumnya tidak membuat sensitif, seperti saja sabun, udara panas atau dingin, losion, atau sabun deterjen.

  • Berat Badan berfluktuasi

Stress memicu pelepasan hormon kortisol yang mengganggu kemampuan tubuh memproses gula darah dan juga mengubah cara metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat, sehingga berakibat berat badan naik atau turun.

Stres juga membuat seseorang memiliki pola makan tidak sehat, baik itu berlebihan atau justru kehilangan nafsu makan.

  • Sakit kepala berulang

Hormon-hormon stres bisa menyebabkan perubahan di saraf dan pembuluh darah otak, sehingga memicu sakit kepala. Ketika stres, otot-otot juga lebih tegang sehingga memicu sakit kepala.

  • Pencernaan bermasalah

Stres bisa menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak asam lambung sehingga terjadi serangan rasa panas di dada (heart burn).

Bisa juga proses pengosongan makanan di lambung melambat sehingga kita mengalami kembung, atau terjadi peningkatkan kontraksi usus besar yang berakibat diare,

  • Mudah tertular flu

Stres sudah pasti akan menekan sistem imun sehingga kita jadi gampang sakit. Penelitian juga menunjukkan, orang yang sedang mengalami stres dua kali lebih mungkin mengalami sakit flu dibanding dengan yang tidak stres.

Baca Juga: Alergi Pada Anak Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Maka dari itu, hindari stress dengan berlibur atau sering-sering saja selfie. Lupakan beban pikiran anda dengan kesibukan anda dan selalu berserah diri pada Maha Pencipta.

| Masalah Kesehatan yang Diakibatkan Oleh Stress

Masalah Kesehatan yang Diakibatkan Oleh Stress | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!