Manfaat Mengkonsumsi Kubis Bagi Kesehatan

Kubis atau kol merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak digunakan dalam berbagai hidangan atau aneka masakan, seperti salad, sayur sop, atau karedok yang biasanya memang digunakan untuk menambah citarasa aneka masakan tersebut. Tidak hanya mampu memberikan citarasa yang khas, ternyata kol memiliki kandungan nutrisi dan zat gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya seperti:

  • Vitamin A
  • Vitamin B kompleks
  • Zat besi
  • Kalium
  • Ripoflavin
  • Asam folat

Maka tidak heran jika kubis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini manfaat mengkonsumsi kubis bagi kesehatan

Manfaat Mengkonsumsi Kubis Bagi Kesehatan

jenis kubisNutrisi untuk otak

Mengkonsumsi kubis juga sering dikaitkan dengan meningkatnya kerja otak karena kubis mengandung tinggi vitamin K dan antosianin yang membantu meningkatkan  konsentrasi. Kedua nutrisi tersebut juga dapat mencegah kerusakan pada saraf, mengurangi resiko penyakit Alzheimer, dan demensia. Pilihlah kubis yang berwarna ungu karena  memiliki jumlah nutrisi yang lebih tinggi.

Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Zat besi adalah komponen utama yang membuat proses pembentukan sel darah merah lebih produktif, sehingga mencegah tubuh dari penyakit anemia atau penyakit kurang darah. Mengkonsumsi kubis dapat disandingkan dengan jus jeruk, karena manfaat jeruk mampu mengoptimalkan penyerapan zat besi dari manfaat kubis itu sendiri.

Mencegah Kanker

Golongan kubis-kubisan seperti kol ini memiliki kandungan zat yang mampu memerangi sel-sel kanker dalam tubuh. Zat tersebut akan merangsang enzim untuk menahan laju pertumbuhan tumor atau kanker. Penelitian di China juga menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kol dan brokoli mengalami penurunan resiko terjadinya gejala penyakit kanker payudara.

Kaya Akan Vitamin C

Tidak hanya buah-buahan seperti jeruk, aple atau anggur saja yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sayuran kol ini juga ternyata memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik untuk mencegah terjadinya penyakit yang menyerang tubuh. Vitamin C juga sangat baik untuk merawat kesehatan kulit.

Detoksifikasi Tubuh

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan sulfur dalam kol dapat membantu menghilangkan racun (radikal bebas) dalam tubuh. Radikal bebas ini adalah salah satu faktor utama penyakit arthritis, penyakit kulit, rematik, dan asam urat.

Anti Inflamasi

Kubis memiliki zat Anti-Inflamasi dan merupakan sumber utama glutamin, yang merupakan agen anti-inflamasi yang kuat, sehingga mengkonsumsi kol atau kubis secara rutin dapat mengurangi efek dari berbagai jenis penyakit peradangan, seperti : alergi, demam, nyeri sendi, dan berbagai jenis gangguan kulit.

Baik untuk Mata

Kol kaya akan kandungan beta-karoten. Sebagian besar orang, terutama mereka yang sudah lanjut usia, beralih rutin untuk mengkonsumsi kol, karena dapat mencegah degenerasi makula dan dapat meningkatkan kesehatan mata, serta mampu mencegah penyakit katarak. Selain itu, zat beta-karoten ini juga dpat mengurangi resiko penyakit kanker prostat.

Baik Untuk Penderita Maag

Bagi anda yang memiliki masalah dengan penyakit maag tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi kubis karena pada sebuah penelitian di Stanford University School of Medicine menemukan bahwa minum jus kubis segar sangat efektif untuk mengobati maag. Hal tersebut dikarenakan kubis memiliki kandungan glutamine yang bersifat anti-radang.

Itulah beberapa manfaat kesehatan konsumsi kubis, masih banyak lagi manfaat yang diberikan kubis bagi kesehatan. Terimakasih telah berkunjung ke situs kami semoga memberikan manfaat untuk anda.

| Manfaat Mengkonsumsi Kubis Bagi Kesehatan

Artikel lainnya

Pengertian Rhinitis Alergi Serta Gejalanya

Manfaat Mengkonsumsi Kubis Bagi Kesehatan | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!