Manfaat Mahkota Dewa Sebagai Pengobatan Alergi

Manfaat mahkota dewa sebagai pengobatan alergi,- Di Indonesia sendiri kita telah mengenal tanaman obat yang satu ini yaitu tanaman Mahkota Dewa. Sejak dahulu, kerabat keraton Solo dan Yogyakarta memelihara tanaman ini karena di anggap sebagai pusaka dewa, terkait dengan kemampuannya menyembuhkan berbagai penyakit, dari yang ringan sampai yang tergolong berat. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah daun, daging dan kulit buahnya. Daun dan kulit buah bisa digunakan segar atau telah dikeringkan, sedangkan daging buah digunakan setelah dikeringkan.

Tanaman Mahkota Dewa (Herba)

Kandungan kimia yang dihasilkan dari tanaman Mahkota dewa, diantaranya yaitu:

  • Daun: mengandung antihistamin, alkoloid, saponin, dan polifenol (lignan)
  • Kulit buah: Mengandung alkoloid, saponin dan flavonoid
  • Buah: Alkanoid, tanin, flavonoid, fenol, saponin, lignan, minyak asiri dan sterol.

Sifat dan Khasiat

  • Kulit buah dan daging buah berkhasiat untuk mengobati disentri (cirit berdarah), psoriasis dan jerawat
  • Daun dan biji berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis sakit kulit seperti eksim dan gatal-gatal
  • Buahnya berkhasiat sebagai antitumor, antidisentri, antiinsekta, mengobati eksim, hepatotoksis dan antibodi.

Kandungan-kandungan Mahkota Dewa

teh mahkota dewaZat yang terkandung dalam buah mahkota dewa adalah

  • Alkoloid, saponin, dan polifenol. Alkeloid ini merupakan detoksifikasi yang dapat menetralisir racun dalam tubuh. Saponin, yang berguna sebagai sumber antibakteria dan antivirus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula darah dan mengurangkan pembekuan darah.
  • Flavonoid yang terkandung dalam buah mahkota dewa berguna untuk peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah penyumbatan pembuluh darah, mengurangkan kadar kolesterol dan mengurangkan penimbunan lemak pada dinding pemuluh darah, mengurangkan kadar risiko penyakit jantung koroner, mengandung antiinflamasi atau peradangan, anti oksidan dan membantu mengurangkan rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan.
  • Polyphenol sendiri berfungsi sebagai antihistamin atau alergi.

Manfaat dari buah mahkota dewa sebagai obat pengguna dosis buah mahkota dewa sebagai obat belum diketahui secara pasti. Pemanfaatannya sebagai ramuan obat biasanya memakai beberapa irisan buah yang telah dikeringkan kemudian dicampur dengan air untuk direbus dan menjadikannya minuman godokan.

Bagian buah terutama bijinya itu beracun, maka dari itu, perlu untuk direbus sebelum memakannya. Dalam keadaan segar, kulit dan daging buah muda mahkota dewa terasa sepet-sepet pahit. Sedangkan, yang sudah tua sepet-sepet agak manis. Jika dimakan segar akan menimbulkan bengkak di mulut, sariawan, mabuk, bahkan keracunan. Karenanya, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya dalam keadaan segar. Dan untuk ibu hamil, dilarang untuk meminum hasil dari pemrosesan tumbuhan ini.

Dan dari hasil penelitian yang telah dilakukan untuk menganalisa khasiat dari mahkota dewa untuk mengatasi eksim, gatal-gatal, penyakit kulit alergi. Sumastuti melakukan uji efek anthistamin dengan ekstrak air daun dan buah mahkota dewa. Hewan percobaan dipilih marmot. Hasilnya pemberian 0,5ml ekstrak dengan konsentrasi 6,25; 12,5; 25; 50; dan 100% dapat mengurangi kontraksi ileum marmot akibat histamine.

Terimakasih anda senantiasa selalu membaca artikel terbaru kami. Dan kami berharap anda selalu mengikut website obatalergialami.com sebagai bahan pengetahuan anda dalam menambah wawasan.

[sumber: pondokibu.com]

Manfaat Mahkota Dewa Sebagai Pengobatan Alergi | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!