Manfaat ASI Untuk Mencegah Alergi Pada Anak

obatalergialami.com – Air susu ibu (ASI) diketahui mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat. Karena manfaatnya yang sangat besar, maka pemberian ASI eksklusif sangat disarankan oleh WHO. Namun, tahukah anda jika ASI juga bisa mencegah alergi pada anak ? Untuk mengetahui bagaimana manfaat ASI untuk mencegah alergi pada anak, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Luar Biasa ASI Untuk Mencegah Alergi Pada Anak

Alergi umumnya mulai tampak sejak bayi. Oleh karena itu, anda harus mencegah alergi pada anak anda sedini mungkin. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan menyusui bayi dengan ASI. Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana caranya ASI dapat mencegah alergi pada anak ? Tapi telah banyak riset menunjukan bahwa pemberian ASI memang bisa mencegah alergi.

Manfaat ASI Untuk Mencegah Alergi Pada Anak

Setiap bayi memiliki resiko terkena alergi. Untuk bayi yang orang tuanya tidak memiliki alergi sama sekali memiliki kemungkinan alergi 5-15%. Jika salah satu saudara kandung memiliki alergi maka anak tersebut memiliki kemungkinan alergi sebesar 25-30%. Sedangkan jika orang tua memiliki alergi maka anaknya memiliki kemungkinan 40% mengalami alergi.

Gejala alergi yang muncul pada kulit biasanya ditandai dengan ruam, gatal-gatal, kulit kemerahan, atau bengkak di kelopak mata dan bibir. Sedangkan yang mengenai saluran pernapasan, maka alergi akan menimbulkan gejala seperti sesak napas, hidung berair, bersin, batuk kronis, dan tidak disertai dengan demam. Sementara yang menyerang saluran cerna akan membuat anak kolik, muntah, diare, konstipasi, dan gumoh.

Manfaat ASI untuk mencegah alergi pada anak yaitu ASI memiliki efek protektif terhadap alergen atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Anak yang sewaktu bayi minum ASI mempunyai sistem perlindungan tubuh yang lebih baik dibanding bayi yang minum susu formula. Hal ini dikarenakan kandungan antibodi dalam ASI lebih bagus dari susu formula, meskipun susu formula itu telah dibuat semirip mungkin dengan ASI. Sistem perlindungan yang baik pada tubuh bayi, bisa mencegah anak dari segala jenis alergi. Selain itu, pemberian ASI eksklusif bisa mengurangi resiko bayi mengalami peradangan dan ifeksi pada tubuhnya.

Penyakit alergi berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Berbagai penelitian menunjukan bahwa pertumbuhan anak yang memiliki alergi bisa terhambat. Banyak jenis alergi yang menyerang anak pada akhirnya menyebabkan mereka menderita asma, rhinitis, dan dermatitis atopik (eksim). Oleh karena itu, jika bisa sebaiknya anda memberikan ASI eksklusif kepada anak untuk mencegah alergi.

| Manfaat ASI Untuk Mencegah Alergi Pada Anak

Manfaat ASI Untuk Mencegah Alergi Pada Anak | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!