Ketahui 7 Penyebab Alergi Paling Umum Dialami

Alergi adalah suatu reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap zat asing yang dihirup, disuntikan, tertelan atau bahkan tersentuh dan masuk ke sistem manusia, sehingga menimbulkan reaksi alergi.

Alergi yang dialami setiap orang tentunya berbeda-beda. Tidak hanya menimbulkan gejala yang berat, namun sebagian orang yang mengalami reaksi alergi juga bisa mengakibatkan kematian. Lantas apa saja penyebab alergi paling umum dialami oleh seseorang?

7 Penyebab Alergi Paling Umum Dialami

Ketahui 7 Penyebab Alergi Paling Umum Dialami

Ada 7 penyebab alergi yang paling umum dialami, dan perlu Anda ketahui. Dilansir dari liputan6.com berikut ini beberapa penyebab alergi yang bisa terjadi pada siapa saja, bayi, anak balita, ibu hamil maupun ibu menyusui.

Alergi pada suhu udara

Ada sebagian orang yang mengalami kulit gatal dan memerah setelah terpapar sinar matahari. Hal ini disebabkan orang tersebut mengalami alergi terhadap suhu panas bukan disebabkan karena matahari.

Hal ini pula yang dijelaskan oleh Dokter Spesialis Anak Sub-Spesialis Alergi-Imunologi dari RSCM, DR. dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K) beberapa waktu lalu sempat menyatakan, dalam kondisi tertentu, sel mast dalam tubuh yang merupakan salah satu sel tubuh manusia yang memproduksi dan bisa melepaskan suatu senyawa yang disebut histamin akan menyebabkan berbagai reaksi di tubuh seperti gatal, bengkak, sesak nafas dan sebagainya. Dalam kasus ini, antibodi tidak bisa menahan suhu ekstrem tersebut.

Alergi terhadap binatang dan serangga

Tidak sedikit dari kita yang mengalami bersin, sesak, gatal-gatal dan ruam pada kulit saat mereka berdekatan dengan kucing, anjing, atau pun hewan lainnya. Hal tersebut merupakan beberapa gejala bahwa orang tersebut mengalami alergi terhadap binatang dan serangga.

Dermatitis kontak

Adalah peradangan atau inflamasi yang terjadi pada kulit dan ditandai dengan ruam gatal kemerahan yang muncuk akibat kontak dengan zat tertentu. Ruam ini tidak muncul akibat peradangan dan tidak pula menular atau berbahaya. Namun, bisa menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya.

Makanan

Umumnya jenis alergi ini bisa mempengaruhi wajah. Tingkat keparahan yang ditimbulkannya pun beragam. Mungkin Anda merasa sakit perut setelah mengonsumsi makanan tertentu atau ada juga yang mengalami ruam atau pembengkakan disekitar bibir mereka. Bahkan dalam kasus terparah, alergi makanan bisa mengancam jiwa karena menyebabkan lidah dan tenggorokan membengkak.

Alergi obat

Gejala yang ditimbulkan alergi ini biasanya yaitu ruam kulit pada wajah, lengan, gatal-gatal, pembengkakan umum dari wajah dan anfilaksis.

Eksim

Umumnya, orang yang menderita eksim cenderung memiliki alergi terhadap sesuatu, terutama makanan.

Anafilaksis

Jenis reaksi alergi ini termasuk kedalam golongan alergi terparah dan menimbulkan gejala yang bisa berkembang cepat dan mengancam jiwa. Selain itu, anafilaksis juga tak jarang menimbulkan gejala:

  • Sesak tenggorokan dan dada
  • Pembengkakan wajah, bibir dan tenggorokan
  • Gatal-gatal atau ruam merah di seluruh area tubuh
  • Kesulitan bernapas atau mengi
  • Pucat ekstrem atau kemerahan di wajah.

Jika Anda mulai merasakan beberapa gejala-gejala diatas, segeralah periksakan dan cari tahu penyebab alergi yang Anda alami untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Ketahui 7 Penyebab Alergi Paling Umum Dialami | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!