Kenali Jenis-Jenis Penyakit Psoriasis dan Penyebabnya

Psoriasis adalah salah satu jenis penyakit kulit yang dapat mempengaruhi siklus hidup sel-sel kulit di mana sel kulit terbangun dengan cepat, membentuk sisik yang tebal, kerign dan gatal serta menimbulkan luka merah yang menyakitkan. Tidak jarang dari masyarakat menyepelekan penyakit ini, padahal penyakit ini dapat melumpuhkan, terutama ketika penyakit ini berhubungan dengan arthritis atau radang sendi. Oleh karena itu, untuk lebih jelasnya alangkah baiknya mari kita kenali jenis-jenis penyakit psoriasis dan penyebabnya.

Kenali Jenis-Jenis Penyakit Psoriasis dan Penyebabnya

Kenali Jenis-Jenis Penyakit Psoriasis dan Penyebabnya

Psoriasis plak
Jenis ini merupakan jenis psoriasis yang paling umum terjadi dan ditandai dengan adanya sisik berwarna keperakan, kering dan menimbulkan plak atau luka merah pada kulit yang menimbulkan rasa gatal dan menyakitkan. Apabila sudah parah, kulit akan mengalami retak dan berdarah. Semua bagian tubuh dapat mengalami jenis penyakit ini termasuk kelamin.

Psoriasis kuku
Jika terjadi pada kuku maka akan menimbulkan pertumbuhan kuku menjadi abnormal dan kuku mengalami perubahan warna. Dalam beberapa kasusu, psoriasis kuku dapat menyebabkan kuku menjadi longgar dan bisa saja terlepas dari kulit (onycholysis). Bila penyakit ini sudah parah, kuku bisa runtuh.

Artikel terkait: Obat Alergi

Psoriasis kulit kepala
Ditandai dengan kulit kepala merah, gatal, dan muncul sisik putih keperakan. Bila Anda menggaruknya, serpihan kulit mati akan terlihat di rambut atau bahu Anda.

Guttate psoriasis
Jenis penyakit ini dipicu oleh adanya infeksi bakteri, seperti radang tenggorokan dan biasanya mempengaruhi orang yang berusia dibawah 30 tahun. Tanda yang dimunculkan dari jenis penyakit ini adalah adanya luka kecil yang berbentuk seperti tetesan air pada lengan, kaki, dan kulit kepala. Luka tersebut ditutupi oleh sisik halus yang tidak setebal plak.

Psoriasis inverse
Jenis penyakit ini menyerang kulit di ketiak, selangkangan, bawah payudara, dan di sekitar alat kelamin. Bila kulit Anda mengalami hal ini, bercak merah akan timbul dan kulit mengalami peradangan. Penyakit ini umumnya dialami oleh orang yang kelebihan berat badan dan akan diperparah oleh gesekan dan keringat.

Psoriasis pustular
Gejalanya berupa luka kecil atau luas dan terjadi didaerah tangan, kaki dan ujung jari. Penyakit ini jarang dialami dan bila terjadi akan berkembang dengan cepat dan mengakibatkan kulit melepuh dan diisi oleh cairan nanah. Lepuh akan kering sekitar dua hari setelahnya, namun dapat muncul kembali setiap beberapa hari atau minggu. Apabila Anda mengalami jenis penyakit ini, Anda mungkin mengalami demam, menggigil, kelelahan dan gatal parah pada kulit.

Psoriasis eritroderma
Sengatan matahari, kortikosteroid, dan obat lain dapat memicu munculnya jenis penyakit ini. Kulit di seluruh tubuh Anda akan menjadi merah, terkelupas, gatal, dan terasa terbakar.

Artikel terkait: Cara Alami Mengurangi Rasa Gatal Akibat Psoriasis

Psoriasis arthritis
Jenis penyakit ini akan mempengaruhi setiap sendi di tubuh Anda. Biasanya, penyakit ini tidak akan menimbulkan kelumpuhan, namun hal ini dapat menyebabkan kekakuan dan kerusakan sendiri progresif dan dapat menyebabkan deformitas permanen. Tanda-tanda yang dimunculkan dari penyakit ini adalah kulit bersisik, meradang, kuku membengkak dan berubah warna, dan nyeri sendi.

Nah, jadi itulah beberapa jenis penyakit psoriasis yang bisa kapan saja menyerang Anda dan bila gejala-gejala diatas mengaju pada salah satu jenis penyakit kulit psoriasis, segeralah untuk mengunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan obat yang tepat mengatasinya.

| Kenali Jenis-Jenis Penyakit Psoriasis dan Penyebabnya

Kenali Jenis-Jenis Penyakit Psoriasis dan Penyebabnya | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!