Jenis Obat-Obatan yang Memicu Alergi

Penyebab alergi bukan hanya dari makanan dan bulu binatang saja. Namun juga terhadap zat-zat tertentu yang terkandung dalam obat-obatan. Adapun gejala alergi terhadap zat tertentu diantaranya yaitu gatal-gatal, sesak napas, dan mata bengkak. Bila terlambat dibawa ke dokter, reaksi alergi akan menyebabkan pembengkakan pada saluran napas dan dapat mengancam nyawa penderitanya.

Baca Juga: Alergi Pada Anak Dapat Memprediksi Prilaku Internalisasi

Apabila anda memiliki riwayat alergi, sebaiknya hindari obat-obatan yang mengandung zat pemicu alergi. Berikut dibawah ini jenis obat-obatan yang memicu alergi.

Jenis Obat-Obatan yang Memicu Alergi

jenis obat pemicu alergi

  • Alergi penisilin dan amoksisilin

Pada orang-orang yang sensitif, penisilin merupakan obat antibiotika yang sering menyebabkan menuculnya reaksi alergi. Bagi seseorang yang memiliki bakat alergi penisilin sebaiknya menghindari juga obat-obat yang segolongan penisilin, seperti amoksisilin, ampisilin, penisilin prokain, phenoxymethylpenicilin. Bentuk alergi yang muncul biasanya berupa kulit kemerahan, gatal-gatal, sindrom Steven Johnson, atau syok anafilaksi jika obat yang diberikan berupa injeksi.

  • Alergi sulfa

Yaitu cotrimoxazole, sulfadiazine, sulfasalazine, dan sulfadoxin (biasanya kombinasi dengan pyrimethamine untuk pengobatan malaria).

  • Alergi Gin-Gin

Antalgin merupakan salah satu obat pereda rasa sakit. Obat ini juga sering menyebabkan reaksi alergi yang dikenal dengan sebutan alergi gin-gin. Reaksi ini ditandai dengan membengkaknya pelupuk mata dan kadang disertai sesak napas, tapi ada juga orang yang mengalami alergi ini dengan gejala gatal-gatal atau kemerahan di kulit.

Bagi penderita alergi antalgin sebaiknya menghindari obat-obat yang termasuk analgetik-antiradang, seperti : asam mefenamat, diklofenak, piroxicam, ketoprofen, ketorolac, dexketoprofen. Karena obat-obat ini berisiko menyebabkan reaksi alergi yang sama dengan alergi antalgin.

Untuk mencegah terjadinya alergi akibat reaksi obat. Waspadalah setiap mengkonsumsi obat. Bila mulai muncul gejala seperti terasa gatal atau tidak nyaman hentikan pemakaian dan segera konsultasi dengan dokter.

| Jenis Obat-Obatan yang Memicu Alergi

Jenis Obat-Obatan yang Memicu Alergi | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!