Inilah Fakta Mengenai Penyakit Alergi

Di dalam tubuh kita terdapat pertahanan tubuh yang canggih dari berbagai sumber penyakit yang dapat menyerang. Namun, pertahanan yang tersebut juga dapat menyebabkan reaksi yang biasa kita sebut alergi. Alergi terjadi ketika tubuh kita merespon adanya benda asing atau berbahaya, oleh sebab itu alergi juga disebut sebagai hipersensitif. Berikut ini beberapa fakta mengenai penyakit alergi.

Fakta Mengenai Penyakit Alergi

alergi

  • Reaksi alergi terbagi dua yaitu hipersensitif cepat dan hipersensitif lambat. Hipersensitif cepat adalah reaksi alergi yang terjadi dalam waktu hanya 15 menit. Alergi yang termasuk dalam kategori ini adalah asma, hay fever, alergi makanan dan obat. Hipersensitif lambat, reaksinya perlahan. Biasanya butuh waktu sekitar dua hari, baru gejalanya terlihat. Yang termasuk kategori ini adalah alergi kulit.

Baca Juga: Obat Herbal Eksim Pada Bayi

  • Pada dasarnya, alergi bukanlah suatu penyakit bawaan dari lahir. Jika Anda lahir dari salah satu orang tua yang mengidap alergi, kemungkinan Anda terkena alergi adalah 1:3. Jika kedua orang tua Anda menderita alergi, kemungkinan anda terkena bertambah jadi 2:3. Namun lingkungan di sekitar Anda juga berpengaruh. Sebuah studi menunjukkan, mereka yang kembar identik tidak berarti mengidap alergi yang sama.
  • Perut Anda selalu bermasalah ketika mengkonsumsi susu ? bingung kenapa? Patrick Holford, penulis Improve your digestion, menjelaskan, ”sebagian makanan seperti gandum, jagung dan susu ketika dicerna dalam tubuh memicu keluarnya zat ensorphine pemberi rasa senang. Dan memberi reaksi yang mirip alergi. Seringkali makanan yang tak cocok buat tubuh Anda adalah makanan yang Anda sukai.”
  • Makanan yang tak sempurna dicerna oleh usus dapat masuk dalam darah, hal ini disebabkan oleh dinding usus yang ’bocor’. Dinding usus berfungsi menyerap dengan berlebihan. Akibatnya, makanan yang tak sempurna dicerna masuk dalam darah dan memicu terjadinya alergi.
  • Pemberian ASI selama 6 bulan juga dapat mencegah terjadinya alergi, karena alergi makanan dapat terjadi saat bayi mulai diberi makanan padat terlalu cepat. Alergi berkembang selama 18 bulan pertama usia bayi, saat sistem pencernaan dan kekebalan tubuh bayi masih dalam proses pembentukan.

Baca Juga: Obat Herbal Polip Hidung

  • Para ahli percaya bahwa polusi udara yang berasal dari asap kendaraan bermotor mengakibatkan bertambah parahnya penyakit asma.
  • Ada delapan jenis makanan yang dipercaya ’bertanggung jawab’ sebagai penyebab utama alergi. Kacang tanah berada pada urutan pertama diikuti oleh kerang, ikan, kacang walnut, telur, susu, kedelai dan gandum.

Nah itulah beberapa fakta seputar alergi. Semoga dengan adanya artikel ini membantu anda dalam mencegah dan menghindari pemicu alergi.

| Fakta Mengenai Penyakit Alergi

Inilah Fakta Mengenai Penyakit Alergi | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!