Ini Dia Tanda-Tanda Anda Mengalami Alergi Deterjen

Menurut dokter, kulit tangan atau kaki yang pecah-pecah hingga berdarah bukanlah suatu gejala penyakit serius. Hal ini dijelaskan oleh dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Centre, Denpasar, kulit pecah-pecah biasanya disebabkan karena dermatitis kontak. Pada ibu rumah tangga, dermatitis kontak yang paling rentan terjadi adalah dermatitis kontak iritan karena detergen.

Tanda-Tanda Anda Mengalami Alergi Deterjen

Seperti yang diucapkan dr Darma, “Kalau suatu iritasi yang terus berulang-ulang terpapar atau kena bahan yang sama maka reaksinya akan makin parah. Awalnya dari kering, makin lama jadi pecah-pecah, makin keras dan akan bisa berdarah”.

Baca Juga: Obat Alergi Alami

Hal serupa juga diungkapkan oleh dr Arieffah, SpKK dari RS Permata Depok, “Memang biasanya pecah-pecah pada tangan bahkan sering kali sampai berdarah disebabkan oleh dermatitis kontak akibat kerja, jarang sekali disebabkan karena adanya masalah pada organ dalam”.

dr Darma juga mengatakan untuk menghindari kulit pecah-pecah, salah satu caranya yaitu dengan mengganti deterjen yang digunakan. Karena, bila tidak dilakukan maka akan memperparah kondisi alergi dan bisa saja menimbulkan infeksi.

Baca Juga: 7 Penyakit yang Berawal dari Kurang Minum

dr Darma mengungkapkan, “Keluhan pasien biasanya perih dulu. Tapi kalau berdarah kan artinya ada luka. Nah kalau ada luka jadi berisiko kemasukan kuman dan infeksi lalu bernanah”.

Maka dari itu, dr Darma mengimbau supaya masyarakat tidak menyepelekan alergi kulit. Dan apabila telah terjadi infeksi pada kulit Anda, segeralah untuk memeriksakannya.

 

| Tanda-Tanda Anda Mengalami Alergi Deterjen

Ini Dia Tanda-Tanda Anda Mengalami Alergi Deterjen | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!