Gejala Penyakit Mata Karena Alergi

Penyakit alergi mata atau disebut konjungtivitis alergika adalah suatu peradangan pada konjungtiva (selaput yang menutupi kelopak mata bagian dalam dan permukaan luar mata) karena rekasi alergi.

konjungtivitis

gejala penyakit mata karena alergi

Pada sebagian besar penderita, konjungtivitis alergika merupakan bagian dari sindroma alergi yang lebih luas, misalnya rinitis alergika musiman. Tetapi, konjungtivitis alergika bisa juga terjadi pasa seseorang yang megnalami kontak langsung dengan zat-zat dalam udara seperti serbuk sari, spora jamur, debu dan bulu binatang.

Allergen yang menyebabkan konjungtivitis alergika bisa terdapat di udara misalnya serbuk sari atau asap. Atau terdapat pada tangan dan masuk mengenai mata saat sedang mengusap mata. Ketika mata terpapar oleh suatu alergen secara berulang, maka tubuh akan bereaksi dan menghasilkan antibodi. Ketika berikutnya mata terpapar kembali oleh alergen-alergen ini, maka akan terjadi alergi pada mata yang disebut konjungtivitis alergika.

Bentuk konjungtivitis alergika yang lebih berat adalah keratokonjungtivitis vernal. Stimulan (alergen) penyebabnya tidak diketahui. Keadaan ini paling sering terjadi pada anak laki-laki terutama pada usia 5-20 tahun yang juga memiliki asma, eksim atau alergi musiman. Keratokonjungtivitis biasanya kambuh setiap musim semi dan mereda pada musim gugur dan musim dingin. Keratokonjungtivitis biasanya tidak kambuh lagi setelah anak memasuki masa dewasa muda.

Gejala Alergi Pada Mata

  • Bagian putih mata menjadi merah dan bengkak
  • Mata terasa gatal
  • Panas dan berair

Selain itu juga dapat ditemukan kelopak mata yang membengkak dan merah. Konjungtivitis alergika biasanya terjadi pada kedua mata, tetapi adakalanya mta yang satu dapat lebih terkena dibandingkan mata yang lain.

Pada keratokonjungtivitis vernal, sekret mata tebal dan lebih kental. Selain itu, keratokonjungtivitis vernal seringkali mengenai kornea dan dapat terbentuk ulkus atau luka yang nyeri pada kornea, sehingga menyebabkan menurunnya penglihatan yang menetap.

Itulah beberapa Gejala Penyakit Mata Karena Alergi. Semoga artikel yang situs obat alergi berikan kali ini memberikan manfaat. Terimakasih telah atas kunjungannya.

| Gejala Penyakit Mata Karena Alergi

Gejala Penyakit Mata Karena Alergi | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!