Efek Samping Mengkonsumsi Obat Jangka Panjang

Obat memang dapat membantu seseorang yang mengalami masalah kesehatan. Namun, obat juga bisa menjadi racun bila pemberiannya tidak sesuai kaidah yang ditentukan. Pada dasarnya, sebaiknya Anda hindari penggunaan obat dalam jangka panjang, mengingat tidak selamanya tubuh kita dapat mengabsorbsi atau pun menetralisir setiap zat yang masuk.

Hal ini karena, obat dapat menimbulkan efek samping baik secara fisik maupun secara mental. Dan kali ini saya akan membahas beberapa efek samping mengkonsumsi obat jangka panjang secara fisik.

Efek Samping Mengkonsumsi Obat Jangka Panjang

Efek Samping Mengkonsumsi Obat Jangka Panjang

Komplikasi
Obat-obatan yang dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka panjang dapat merusak sebuah organ, satu organ yang rusak ini dapat mengganggu metabolisme yang hasilnya akan merusak atau menurunkan fungsi dari organ lain.

Berkurangnya sistem imun
Zat sisa atau ampas dari obat yang tidak terbuang melalui urin dan keringat bisa mengganggu sistem imun Anda dan perlahan berkurang eektivitasnya dalam menangkal zat asing. Hal ini dikarenakan ampas yang tertinggal dalam tubuh dapat berubah menjadi racun dalam tubuh.

Reaksi alergi atau hipersenstiv
Obat golongan steroid, antihistamin dan beberapa golongan antibiotik dapat menimbulkan reaksi alergi misalnya berupa iritasi kulit, gatal, dll, baik itu jangka panjang atau pun pendek. Bahkan beberapa ada yang menimbulkan alergi yang sebelumnya tidak ada. Hal ini juga dikarenakan menurunnya sistem imun yang disebabkan oleh efek jangka panjang dari obat-obatan.

Tumbuhnya bakteri dalam tubuh
Penggunaan beberapa obat dalam jangka panjang justru memicu pertumbuhan bakteri dalam tubuh. Seperti penggunaan omeprazole yang dapat memicu pertumbuhan bakteri ECL (Enterokromafin-Like Cells).

Infeksi
Obat-obatan antiobiotik ataupun vaksin yang dibuat melalui pemanfaatan bakteri atau virus dapat memicu timbulnya infeksi dibeberapa bagian tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan jangka panjang.

Selain beberapa masalah kesehatan diatas, penggunaan obat jangka panjang juga bisa memicu timbulnya kerusakan ginjal, jantung, panca indera, gangguan saraf akut, nekrosis hati serta pengeroposan tulang. Maka dari itu, sebaiknya Anda konsumsi obat berdasarkan resep dokter dan hindari pula penggunaan obat dalam jangka panjang.

Efek Samping Mengkonsumsi Obat Jangka Panjang | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!