Cara Mudah Membedakan Flu Dengan Alergi

obatalergialami.com – Bersin, hidung berair, dan batuk merupakan gejala yang biasa terjadi pada orang yang terserang flu. Namun gejala tersebut juga bisa muncul karena anda memiliki alergi. Gejala yang mirip antara flu dan alergi sering kali membuat orang terkecoh, sehingga salah melakukan penanganan. Agar anda bisa membedakan gejala pada flu dan alergi, simaklah informasi penting mengenai cara mudah membedakan flu dengan alergi berikut ini.

Perbedaan Antara Flu Dengan Alergi

Meski tampak serupa flu dan alergi memiliki ciri khas tersendiri. Penting bagi anda untuk memahami dengan baik perbedaan flu dengan alergi, karena perawatan pada kedua kondisi ini berbeda. Penanganan yang tidak tepat malah akan percuma dan bisa saja memperburuk kondisi.

Cara Mudah Membedakan Flu Dengan Alergi

Perbedaan flu dan alergi pada dasarnya terletak pada penyebabnya. Meski secara umum keduanya menunjukan gejala yang sama, namun penyebabnya berbeda. Flu disebabkan oleh serangan virus yang menginfeksi saluran pernapasan. Sedangkan alergi disebabkan oleh tubuh yang mengalami kontak dengan alergen yang sebenarnya tidak berbahaya. Namun karena sistem imun salah mengidentifikasikannya, sehingga sistem imun melakukan perlawanan yang menyebabkan reaksi alergi.

Untuk melakukan penanganan yang tepat sebaiknya anda memahami lebih baik perbedaan dari gejala flu dengan alergi. Berikut ini perbedaan dari gejala keduanya :

Proses
Saat terserang flu, tubuh menunjukan proses inkubasi yang dimulai dengan tubuh yang melemah, demam, pusing, sakit kepala, hingga batuk dan flu muncul. Ada penurunan kondisi yang telihat jelas. Berbeda pada alergi, batuk atau bersin bisa muncul tiba-tiba lalu mereda dan hilang setelah beberapa waktu. Kemudian bisa tiba-tiba muncul lagi dan terus terjadi dalam jangka panjang tanpa tanda awal.

Munculnya Demam
Flu akan menyebabkan reaksi tubuh berupa demam, disertai dengan rasa nyeri dan linu di sekujur tubuh dan reaksi sakit kepala yang menusuk. Sedangkan pada alergi reaksi demam serta nyeri dan linu tidak muncul. Pada beberapa kasus terkadang muncul sakit kapala sebagai reaksi sumbatan pada hidung yang berat.

Warna Dahak dan Lendir
Pada saat terkena flu warna dahak dan lendir akan berwarna kekuningan atau kehijauan, apalagi jika flu telah lewat 10 hari. Berbeda lagi pada alergi, warna lendir dan dahak akan terus berwarna bening meskipun bersin dan batuk telah berlangsung lebih dari 10 hari.

Lama Gejala
Gejala flu akan berlangsung selama 3-15 hari, karena pada dasarnya virus akan berhenti menyerang bersamaan dengan peningakatan sistem daya tahan tubuh dan masa hidup virus berakhir. Namun pada alergi, gejala akan muncul tanpa diduga dan lamanya serangan juga tidak bisa diprediksi. Hal ini berkaitan dengan intensitas paparan alergen atau tubuh tidak lagi terpapar alergi.

Itulah cara mudah membedakan flu dengan alergi yang penting untuk anda ketahui. Setelah mengetahui perbedaan keduanya, tentunya anda dapat melakukan penanganan yang tepat. Pada kasus flu sebenarnya tidak perlu dilakukan pengobatan khusus, mengingat penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya. Hal yang perlu anda lakukan hanya istirahat yang cukup dan minum banyak air putih. Sedangkan alergi biasanya membutuhkan penanganan yang lebih intensif, mengingat kondisi ini bisa berubah menjadi lebih serius jika tidak ditangani dengan tepat.

| Cara Mudah Membedakan Flu Dengan Alergi

Cara Mudah Membedakan Flu Dengan Alergi | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!