Cara Mencegah dan Meredakan Reaksi Alergi Debu

obatalergialami.com – Alergi debu adalah reaksi alergi yang disebabkan oleh debu yang terdiri dari bangkai atau kotoran hewan kecil yang bernama tungau. Tungau sendiri merupakan hewan yang sanagt kecil dari keluarga laba-laba. Hewan ini hanya bisa terlihat dengan mikroskop serta hidup di lingkungan yang hangat dan lembap. Perabotan rumah seperti tempat tidur, karpet, dan bantal adalah tempat yang ideal bagi keberadaan tungau. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini cara mencegah dan meredakan reaksi alergi debu yang bisa anda terapkan untuk menjaga tubuh agar terhindar dari alergi debu yang sangat mengganggu keseharian anda.

Cara Mencegah dan Meredakan Reaksi Alergi Debu Secara Alami

Seseorang yang menderita alergi debu sistem kekebalan tubuhnya memproduksi antibodi terhadap benda yang umumnya tidak berbahaya ini. Respon imun yang terlalu berlebihan inilah yang menyebabkan timbulnya gejala reaksi alergi. Gejala alergi debu bervariasi, mulai dari gejala yang ringan seperti bersin, hidung berair, mata merah dan gatal. Sedangkan pada kasus alergi debu yang parah, penderita bisa mengalami bersin terus-menerus, batuk, hidung tersumbat, atau serangan asma.

Cara Mencegah dan Meredakan Reaksi Alergi Debu

Reaksi alergi tersebut sebenarnya masih bisa dicegah atau diminimalkan dengan cara-cara berikut :

  • Bersihkan secara rutin perabotan di rumah anda terutama perabotan yang biasanya menjadi tempat menampung debu, seperti bagian atas lemari, bagian atas tempat tidur, bingkai foto, dll.
  • Bersihkan karpet dan lantai setiap hari. Agar lebih bersih gunakan penyedot debu. Jangan lupa juga untuk membersihkan debu di bawah tempat tidur, serta kolong meja dan kursi.
  • Saat menyapu sebaiknya lapisi rambut sapu dengan lap basah untuk memerangkap debu agar tidak beterbangan dan beresiko terhirup oleh anda.
  • Sebaiknya gunakan furniture dari bahan plastik, kayu, kulit, atau vinil agar lebih mudah dibersihkan.
  • Cucilah seprai, sarung bantal, selimut dan tirai dengan air bersuhu di atas 50 derajat celcius untuk membunuh tungau.
  • Jangan menaruh boneka, mainan, hiasan dinding, buku, dan pajangan lainnya di kamar tidur agar tidak menjadi habitat tungau.
  • Hindari penggunaan selimut dari wol.
  • Jika anak anda menderita alergi debu, sebaiknya hindari membeli boneka yang berbahan lembut. Sebagai rekomendasi, hanya gunakan mainan yang bisa dicuci dan upayakan menyimpan mainan dalam wadah tertutup.

Saat reaksi alergi yang disebabkan debu mulai menyerang sebaiknya segera lakukan penanganan. Untuk meringankan efek reaksi alergi debu ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai solusi. Bahan-bahan alami ini termasuk mudah didapat dan diolah. Berikut ini bahan alami untuk meredakan reaksi alergi debu :

Madu
Sudah bukan rahasia lagi jika madu dapat meredakan gejala alergi, termasuk alergi debu. Cukup dengan mengkonsumsi satu sendok madu murni, maka bersin-bersin yang anda alami akan mereda. Selain diminum langsung, anda juga bisa menambahkan madu pada minuman seperti susu.

Teh Hijau
Khasiat teh hijau untuk kesehatan memang sudah banyak diteliti. Teh hijau juga merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk meredakan reaksi alergi. Anda hanya perlu menyeduh satu gelas teh hijau dengan air panas, maka bisa meredakan bersin-bersin akibat alergi akibat debu yang anda alami. Selain itu, peradangan yang terjadi di saluran pernapasan juga akan teratasi dengan baik.

Jahe
Jahe mampu melegakan saluran pernapasan, sehingga reaksi alergi debu seperti bersin, hidung tersumbat, dan batuk bisa diatasi dengan jahe. Anda bisa mengkonsumsi jahe dengan memasukan irisan jahe ke dalam teh atau membuat air rebusan jahe.

Cuka Sari Apel
Cuka sari apel merupakan bahan alami lainnya yang bisa anda gunakan untuk meredakan gejala alergi seperti bersin dan hidung berair. Sistem limfatik dalam tubuh akan dibersihkan oleh bahan ini, sehingga reaksi alergi yang berlebihan dan sangat mengganggu bisa anda kontrol dengan mudah. Untuk mengatasi alergi debu cukup dengan mencampurkan cuka sari apel satu sendok teh bersama dengan segelas air, dan minumlah 3 kali sehari.

Penggunaan bahan-bahan alami tersebut bisa mengatasi reaksi alergi sekaligus mencegah dan meminimalkan kambuhnya alergi. Namun efeknya berbeda-beda tergantung dari kondisi penderita alergi debu sendiri. Bahan-bahan alami tersebut bisa digunakan hanya untuk mengatasi reaksi alergi debu ringan yang tidak membutuhkan penanganan darurat.

Baca juga : 10 Makanan Penangkal Alergi Debu yang Mengganggu

Jika anda menginginkan pengobatan yang sudah terbukti dan efektif untuk mengatasi alergi, kami rekomendasikan anda untuk menggunakan obat alergi alami QnC Jelly Gamat yang tebuat dari 100% bahan alami pilihan. Untuk informasi selengkapnya megenai daftar harga lengkap dan promo discount, silahkan klik Cara Pemesanan QnC Jelly Gamat.

| Cara Mencegah dan Meredakan Reaksi Alergi Debu

Cara Mencegah dan Meredakan Reaksi Alergi Debu | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!