Cara Bagaimana Cuaca Bisa Mempengaruhi Kesehatan

Perubahan cuaca bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan mental serta prilaku manusia. Harus anda ketahui, cuaca tidak hanya mempengaruhi kita akan terserang flu atau tidak, namun cuaca dapat mempengaruhi jauh lebih dalam dari itu.

Baca Juga: Cara Mendeteksi Alergi Telur dan Gejalanya

Setiap pergantian cuaca, banyak orang yang terkadang sering terserang penyakit. Berikut dibawah ini beberapa  cara bagaimana temperatur di luar sana dapat mempengaruhi kesehatan dan prilaku manusia sehari-hari.

Cara Bagaimana Cuaca Bisa Mempengaruhi Kesehatan

Cara Bagaimana Cuaca Bisa Mempengaruhi Kesehatan

  • Temperatur dingin dapat membantumu untuk tidur

Menurut Natalie Dautovich yang merupakan seorang penyandang beasiswa dari National Foundation mengungkapkan temperatur ideal untuk tidur nyenyak aalah 16 derajat hingga 20 derajat celcius. Hal ini dikarenakan otak akan lebih cepat untuk beristirahat jika suhu tubuh sedang dingin. Dia juga mengungkapkan “Bersiaplah untuk mimpi indah jika cuaca sedang sejuk”.

  • Cuaca ekstrem dapat membawa seseorang pada permasalahan psikologis

Seseorang yang tinggal di daerah dengan berbagai macam cuaca ekstrem seperti tornado dan badai, punya resiko lebih besar untuk terkena penyakit mental. Selain itu cuaca ekstrem seperti ini juga punya dampak psikologis yang bertahan dalam waktu lama di tubuh seseorang.

Faktanya, peneliti saat ini sedang mengaitkan isu kesehatan dengan perubahan iklim. Kira-kira 200 juta orang di Amerika Serikat ternyata terkena permasalahan psikologis seperti masalah kecemasan dan penyalahgunaan obat terlarang, karena dampak dari perubahan iklim.

  • Hujan membuat alergi makin parah

Musim hujan dapat membuat orang bersin-bersin. Apalagi bagi mereka yang memiliki alergi musiman. Menurut Warner Carr, seorang pakar alergi, partikel alergen akan menyebar di waktu tepat sebelum hujan.

  • Musim salju dapat memicu permasalahan mental

Sebuah problem mental bernama Seasonal affective disorder, sebuah isu kesehatan mental terkait depresi ketika suatu musim tertentu, paling sering terjadi ketika musim salju. Hal ini terpicu karena di musim salju memang hari jadi lebih pendek dan jarang sekali dijumpai sinar matahari.

  • Suhu panas pengaruhi kesehatan secara umum

Seperti yang dituturkan oleh profesor Brent Solvason, profesor psychiatry and behavioral sciences dari Standford University, yaitu “Suhu panas di luar dapat meningkatkan resiko beberapa penyakit, seperti dehidrasi dan heatstroke. Parahnya, keduanya dapat mempengaruhi kesehatan otak. Banyak dengan perilaku dan gaya hidup yang tak baik dapat menyebabkan kerusakan otak”.

  • Musim panas sebabkan tekanan darah rendah

Di musim panas, tekanan darah merendah dan tubuh merasa rileks. Hal ini benar-benar dipengaruhi oleh suhu di luar. Oleh karena itu, liburan paling cocok diadakan di musim panas.

  • Suhu dingin, penyakit lebih mudah menyerang

Penelitian menunjukkan bahwa sistem imun akan lebih lemah dipergantian cuaca. Dimusim pancaroba, seseorang akan lebih mudah sakit, terlebih lagi setelah itu diikuti musim hujan. Meski demam dan flu bisa dialami siapa saja di musim apapun, namun ada beberapa faktor dari suhu dingin yang bisa membuatmu mudah terserang sakit.

Selain dari penyebab perubahan cuaca, ternyata ada juga faktor lain yang membuat seseorang mudah terserang penyakit yaitu seseorang yang menghabiskan waktu didalam rumah. Hal ini dikarenakan jumlah bakteri di rumah ternyata jumlahnya banyak serta kurangnya paparan sinar matahari.

| Cara Bagaimana Cuaca Bisa Mempengaruhi Kesehatan

Cara Bagaimana Cuaca Bisa Mempengaruhi Kesehatan | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!