Bahan Kosmetik Penyebab Alergi Pada Kulit

obatalergialami.com – Kulit kemerahan, gatal, dan meradang setelah penggunaan kosmetik mungkin pernah dirasakan sebagian wanita. Hal ini menandakan kulit anda senstif atau mungkin anda alergi terhadap bahan yang terkandung dalam produk kosmetik. Beberapa bahan dalam kosmetik seperti cream wajah, body lotion, bedak, dan lainnya memang bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Untuk mengetahui apa saja bahan kosmetik penyebab alergi pada kulit, simaklah uraian berikut ini.

Kandungan Bahan Dalam Kosmetik yang Menyebabkan Alergi Pada Kulit

Bahan Kosmetik Penyebab Alergi Pada Kulit

Tidak semua kosmetik cocok untuk kulit seseorang. Sebagian orang lebih sensitif terhadap bahan-bahan tertentu dibandingkan dengan orang lain. Kulit mungkin mengalami alergi terhadap bahan dalam kosmetik yang baru pertama kali anda gunakan, atau kulit baru mengembangkan alergi terhadap produk yang telah anda gunakan selama bertahun-tahun. Berikut ini beberapa kandungan bahan kosmetik penyebab alergi pada kulit yang perlu anda ketahui :

Retinol
Bahan ini merupakan kandungan yang sangat bermanfaat sebagai anti penuaan, mengatasi kulit rusak akibat sinar matahari, dan menstimulasi kolagen. Zat ini bisa menjadikan kulit lebih kering dan iritasi jika anda alergi terhadapnya.

Aluminium
Aluminium biasanya ditemukan pada deodoran dan antiperspirant yang bermanfaat untuk mengurangi keringat. Namun bahan ini termasuk dalam golongan garam, sehingga dapat menyebabkan kulit merah, gatal, bahkan bengkak.

Asam Salisilat
Asam salililat biasanya digunakan untuk mengatasi noda hitam pada kulit. Namun pada kulit yang alergi, bahan ini bisa menyebabkan gatal-gatal, jerawat, dan peradangan. Bagi anda yang alergi terhadap asam salisilat, disarankan untuk menggunakan cream wajah dengan bahan benzoyl peroxide untuk menghilangkan noda hitam pada kulit anda.

Glycolic Acid
Bahan ini merupakan sejenis asam yang sangat mudah meresap dan menembus dinding kulit karena ukurannya sangat kecil. Saking cepatnya bahan ini diserap oleh kulit, bisa menyebabkan kulit kemerahan dan kering. Hal tersebut bisa terjadi pada kulit yang sensitif atau alergi.

Sulfat
Sulfat biasanya sering ditemukan dalam pembersih dan sampo. Bahan ini dapat memicu terjadinya alergi dengan tanda-tanda kulit kemerahan, kering, dan kasar. Jenis sulfat yang menyebabkan alergi adalah sodium lauryl sulfate. Sebagai gantinya anda bisa memilih produk yang mengandung natrium sulfat laureth yang lebih lembut dan baik untuk kulit sensitif, atau lebih baik yang tidak mengandung sulfat sama sekali.

Pewangi
Pewangi tidak hanya dapat ditemukan pada parfum, namun juga pada produk apapun yang memiliki bau yang wangi seperti body lotion, body butter, lip balm dan lainnya. Bahkan produk yang tanpa bau pun sebenarnya mungkin masih mengandung bahan pewangi yang digunakan untuk menutupi bau dari bahan lainnya. Reaksi alergi yang sering muncul akibat pewangi yaitu kulit bengkak, gatal, dan mata bengkak.

Pengawet
Hampir semua produk kosmetik yang mengandung air memiliki kandungan bahan pengawet. Beberapa contoh bahan pengawet yang sering tertera pada label kemasan produk seperti parabens, imidazolidinyl urea, quartenium-15, DMDM hydantoin, phenoxyethanoil, methylchloroisothiazolinone, dan formaldehyde. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan reaksi alergi seperti gatal-gatal dan bengkak.

Selain bahan-bahan di atas, bagi anda yang memiliki kulit yang sensitif dan mudah iritasi para ahli meyarankan untuk menghindari kosmetik yang mengandung bahan hydroquinone, merkuri, dan pemutih. Anda harus berhati-hati dalam menggunakan kosmetik untuk menghindari kerusakan kulit. Jika anda sudah tahu memiliki alergi terhadap bahan tertentu, periksa bahan apa saja yang terkandung pada label kemasan produk kosmetik sebelum menggunakannya.

Jika anda ingin mencoba produk kosmetik baru, jangan langsung dioleskan pada wajah. Sebaiknya coba oleskan sedikit pada punggung tangan. Apabila kosmetik tersebut menyebabkan alergi, kulit yang diolesi akan terasa panas, memerah, atau timbul bintik-bintik. Ketika muncul reaksi tersebut, segera cuci punggung tangan anda dan jangan sekali-kali menggunakan kosmetik tersebut. Namun jika tidak terjadi reaksi alergi, anda bisa meneruskan menggunakannya.

| Bahan Kosmetik Penyebab Alergi Pada Kulit

Baca Juga :
Cara Alami Mengatasi Alergi Wajah Karena Kosmetik

Bahan Kosmetik Penyebab Alergi Pada Kulit | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!