Bahan Alami yang Ampuh Redakan Gatal dan Iritasi Kulit

Gatal dan iritasi pada kulit bisa terjadi dikarenakan permukaan kulit terkena jamur, alergi, virus, gigitan serangga hingga bulu ulat dan gelugut bambu. Untuk menghilangkan gatal, biasanya kita akan menggaruk tepat di tempat yang gatal. Namun, menggaruk terus menerus kulit tidak baik pada permukaan kulit karena dapat menimbulkan luka atau iritasi. Bisa jadi, hal tersebut malah menimbulkan masalah baru karena kulit yang iritasi akan mudah terkena virus dan kotoran lain.

Artikel terkait: Obat Alergi

Namun, biasanya setelah digaruk bahkan rasa gatal tersebut tidak langsung hilang. Maka dari itu, berikut ini kami rekomendasikan beberapa bahan alami yang ampuh redakan gatal dan iritasi kulit.

Bahan Alami yang Ampuh Redakan Gatal dan Iritasi Kulit

Bahan Alami yang Ampuh Redakan Gatal dan Iritasi Kulit

Tanah liat
Tanah liat bermanfaat untuk mengobati gatal dan iritasi pada kulit, terutama membantu menyembuhkan rasa gatal karena sengatan atau gigitan binatang. Tanah liat juga dapat menarik racun dalam kulit dan akhirnya mengurangi rasa sakit.

Untuk cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan tanah liat dengan air dalam mangkuk hingga kentalnya seperti selai kacang. Kemudian, oleskan pasta ke tempat yang gatal, biarkan kering dan bilas. Anda juga bisa menggunakan kain kasa dengan cara membalutnya.\

Artikel terkait: bahan-bahan alami untuk mengatasi iritasi pada kulit

Lidah buaya
Bahan alami ini telah terbukti khasiatnya sejak dulu. Untuk cara menggunakannya yaitu ambil gel lengket yang berada di tengah-tengah lidah buaya dan langsung gosokkan gel pada kulit yang gatal atau iritasi.

Daun peppermint
Hal ini dikarenakan daun ini memberikan sensasi dingin sehingga menurunkan pembengkakan dan peradangan. Anda juga tinggal menggosokan daun peppermint pada kulit yang iritasi atau gatal. Setelah itu, bilas dengan air putih.

Daun kemangi
Zat anti gatal yang disebut kapur barus dan thymol. Daun kemangi juga mengurangi keingingan untuk menggaruk bagian tubuh yang gatal. Sama seperti daun peppermint, Anda tinggal menghancurkan daun tersebut dan menggosoknya langsung ke kulit.

Oatmeal
Oatmeal mengandung at avenanthramides yang dapat mengurangi peradangan. Karena itu, ia juga dapat menjadi obat iritasi dan gatal. Cara menggunakannya yaitu dengan menambahkan air pada oatmeal hingga kental seperti pasta. Oleskan pasta tersebut ke area gatal dan iritasi.

Cuka sari apel
Mengandung zat antiseptik, anti jamur dan anti bakteri yang efektif mengurangi gatal terutama yang berhubungan dengan kulit kering. Cara menggunakannya yaitu dengan cara meneteskan cuka sari apel ke kapas atau kain lap lalu oleskan pada daerah yang terkena iritasi atau gatal. Cuka sari apel jug dapat dicampurkan dengan tanah liat. Jadi, ganti air sebagai campuran tanah liat dengan cuka sari apel.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda coba di rumah untuk meredakan rasa gatal dan iritasi pada kulit. Semoga bermanfaat dan lekas sembuh.

| Bahan Alami yang Ampuh Redakan Gatal dan Iritasi Kulit

Bahan Alami yang Ampuh Redakan Gatal dan Iritasi Kulit | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!