Anak Alergi Terhadap Susu Sapi

Anak Alergi Terhadap Susu Sapi ? Sebelumnya kita telah menjelaskan bagaimana proses terjadinya alergi terhadap tubuh. Dan kini kami akan menjelaskan mengenai Anak Alergi terhadap susu sapi, dan apa saja yang menjadi faktor resiko terjadinya alergi susu pada anak.

Anak Alergi Terhadap Susu Sapi

susu-sapiAlergi susu merupakan hasil dari respon sistem kekebalan tubuh yang abnormal terhadap susu dan produk lain yang mengandung susu. Susu sapi yang merupakan komponen utama pada susu formula anak adalah penyebab umum dari alergi susu pada anak, tetapi selain itu susu yang berasal dari domba, kambing dan kerbau juga dapat menimbulkan reaksi alergi susu pada anak.  Bahkan ada beberapa anak yang mengalami alergi susu sapi ternyata juga mengalami alergi pada susu kedelai. Alergi susu merupakan alergi makanan yang paling sering terjadi pada anak-anak.

Reaksi alergi terhadap susu pada anak dapat terjadi dalam hitungan menit hingga jam setelah mengkonsumsi susu tersebut. Ciri dari alergi susu yang dialami anak bisa beragam dari yang ringan hingga berat. Ciri alergi susu pada anak tersebut bisa berupa nafas berbunyi, muntah, gatal-gatal dan masalah pada sisitem pencernaanya. Meskipun jarang terjadi, alergi susu pada anak juga dapat menimbulkan reaksi anafilaksis yaitu reaksi alergi yang berat dan bahkan dapt membahayakan nyawa.

Cara terbaik untuk mengatasi alergi pada susu adalah dengan menghindari mengkonsumsi susu dan produk lain yang mengandung susu. Kabar baiknya adalah sebagian besar anak yang mengalami alergi susu akan teratasi masalahnya pada usia 3 tahun ke  atas.

Penyebab Alergi Susu

Seperti telah disebutkan sebelumnya, semua alergi makanan disebabkan oleh tidak berfungsinya sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh mengidentifikasi protein susu tertentu sebagai zat yang berbahaya bagi tubuh, sehingga memicu pembentukan antibodi immunoglobulin E (IgE) untuk menetralisisr protein tersebut (alergen). Akibatnya, lain kali tubuh kontak dengan oritein tersebut, maka antibodi IgE tersebut akan dapat mengenali protein yang sama dan memberi tanda pada sisitem kekebalan tubuh untuk melepaskan histamin dan zat kimia lainnya. Histamin dan zat kimia yang dikeluarkan oleh tubuh akan menyebabkan timbulnya berbagai reaksi alergi seperti hidung berair, gatal pada mata, tenggorokan kering, kemerahan, gatal-gatal, mual, diare, sulit untuk bernafas dan syok anafilaksis.

Ada 2 protein pada susu sapi yang dapat menimbulkan reaksi alergi, yaitu:

  • Casein, yang biasa ditemukan pada bagian susu yang lebih pada (kental)
  • Whey, yang biasa ditemukan pada cairan yang tersisa setelah susu mengental.

Anak yang mengalami alergi terhadap susu, dapat mengalami rekasi alergi terhadap salah satu ataupun kedua protein tersebut. Kedua protein tersebut selain terdapat didalam susu, juga dapat terkandung di dalam makanan olahan.

Faktor Resiko Alergi Terhadap Susu

Ada beberapa faktor tertentu yang dapat meningkatkan resiko anak untuk mengalami alergi terhadap susu, yaitu:

  • Mempunyai alergi terhadap hal lain. Anak yang mempunyai alergi terhadap susu, biasanya juga mempunyai alergi terhadap hal lain. Seringkali alergi terhadap susu merupakan hal pertama yang terjadi sebelum mengalami alergi terhadap hal lainnya.
  • Dermatitis atopik. Anak yang mengalami dermatitis atopik (suatu reaksi peradangan kronik yang terjadi pada kulit) biasanya juga akan mempunyai alergi terhadap susu
  • Riwayat keluarga. Resiko seorang anak untuk mengalami alergi akan meningkat bila salah satu atau kedua orang tua juga mengalami alergi terhadap makanan atau alergi terhadap hal lain seperti demam tinggi, asma, gatal-gatal atau eksim.
  • Usia. Alergi terhadap susu lebih sering terjadi pada bayi dan anak-anak. Seiring dengan meningkatnya usia, maka sistem pencernaan tubuh akan semakin sempurna, sehingga tubuh tidak mudah untuk bereaksi terhadap protein susu.

Itulah alasan mengapa anak mengalami alergi terhadap susu sapi. Namun untuk menghilangkan reaksi dari alergi anak anda, cobalah dengan mengkonsumsi obat alergi alami yang kami tawarkan untuk pengobatan alternatif yang aman untuk buah hati anda.

| Anak Alergi Terhadap Susu Sapi

[sumber: medicastore.com]

Anak Alergi Terhadap Susu Sapi | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!