7 Penyakit yang Berawal Dari Kurang Minum

Hampir 70% tubuh manusia tersusun dari cairan. Maka dari itu, air menjadi urat nadi kehidupan manusia dan bahkan semua sistem dalam tubuh bergantung pada air. Cairan ini memiliki peranan penting didalam tubuh, misalnya untuk mengatur suhu tubuh, melancarkan peredaran darah, bahkan membuang racun atau sisa makanan dalam tubuh.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Alergi dengan Minum Teh Hijau

Dengan fungsi yang begitu penting untuk tubuh, bisa Anda bayangkan akibatnya jika Anda kekurangan cairan. Berikut ini 7 penyakit yang berawal dari kurang minum.

7 Penyakit yang Berawal Dari Kurang Minum

7 Penyakit yang Berawal Dari Kurang Minum

Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh ternyata bisa membahayakan kondisi kesehatan seseorang, berikut dibawah ini dampak buruk dehidrasi bagi kesehatan tubuh.

  • Sembelit

Sembelit bukan hanya disebabkan oleh kurangnya asupan makanan serat dan kurangnya aktifitas. Namun juga disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan asupan cairan. Saat tubuh mengalami dehidrasi maka akan memperlambat gerakan usus, akibatnya banyak sisa makanan yang terendap di usus sehingga membuat Anda mengalami sembelit.

  • Kolesterol tinggi

Pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat menjadi penyebab utama terjadinya kolesterol tinggi, terutama bagi Anda yang terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung lemak berlebih. Selain itu, pemicu kolesterol tinggi yang tidak disadari banyak orang adalah karena kurangnya cairan dalam tubuh. Saat tubuh dehidrasi, tubuh cenderung menghasilkan lebih tinggi kadar kolesterol. Karena itulah untuk mencegahnya, anda harus memperbanyak minum air putih.

  • Alergi

Ketika tubuh dehidrasi maka resiko anda terkena alergi juga semakin besar. Hal ini disebabkan karena pada saat dehidrasi maka saluran udara dalam tubuh Anda juga terpengaruhi sehingga mampu menyebabkan alergi terutama yang berkaitan dengan saluran pernapasan.

Baca Juga: Obat Alergi

  • Tekanan darah tinggi

Kondisi ini terjadi disebabkan aliran darah seakan menjadi lebih tebal ketika tidak ada cairan yang mendorong. Tapi sebaliknya, ketika Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air yang cukup, maka aliran darah menjadi lancar dan tekanan darah pun menjadi menurun.

  • Infeksi ginjal

Ginjal merupakan tempat lalu lintasnya cairan tubuh. Saat anda dehidrasi maka racun yang menumpuk dalam ginjal akan sulit keluar, akibatnya lama kelamaan akan bertambah menumpuk sehingga mampu menyebabkan infeksi ginjal. Karena itulah, untuk membantu membersihkan ginjal Anda dari racun, selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan minum air yang cukup.

  • Melemahkan sendi

Sendi memerlukan pelumas agar bisa bekerja dengan baik. Nah, ketika sendi Anda kurang mendapatkan asupan air maka sendi menjadi aus sehingga akan lemah dan tidak mampu menopang atau mendukung pergerakan tulang dengan baik.

  • Naiknya asam lambung

Naiknya asam lambung bukan hanya disebabkan oleh makanan pedas saja, namun juga kurangnya asupan cairan atau minum juga bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung. Kondisi ini terjadi karena pada sasat Anda kurang minum, maka tidak ada cairan yang bisa meredam produksi asam tersebut.

Jadi itulah dampak buruk kurang minum bagi kesehatan. Mengingat pentingnya asupan cairan bagi tubuh, sebaiknya Anda penuhi asupan cairan Anda paling tidak minumlah 2 liter air setiap harinya.

| 7 Penyakit yang Berawal Dari Kurang Minum

7 Penyakit yang Berawal Dari Kurang Minum | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!