10 Bahan Alami Untuk Meredakan Rasa Gatal di Kulit

Kulit gatal atau dikenal dengan pruritus merupakan kondisi yang menjadi indikasi penyakit seperti gangguan ginjal. Namun, selain itu gatal juga dapat terasa pada area tertentu dan disebabkan oleh berbagai penyebab lain.

Pada umumnya, rasa gatal diikuti dengan gejala kulit kemerahan atau ruam dan akan hilang dengan sendirinya. Namun, pada kasus tertentu rasa gatal tidak kunjung reda dan berisiko menjadi gejala awal adanya kondisi yang lebih serius.

cara untuk menghilangkan rasa gatal di kulit tersebut bisa secara medis bisa juga dengan memanfaatkan 10 bahan alami untuk meredakan rasa gatal di kulit seperti dibawah ini.

Bahan-Bahan Alami Untuk Meredakan Rasa Gatal di Kulit

10 bahan alami untuk meredakan rasa gatal di kulit

  • Minyak esensial lavender

Pengobatan ini sering digunakan untuk menghilangkan rasa gatal akibat sengatan, goresan, luka bakar dan tanaman merambat yang beracun. Kandungan linalool dan asetat linalyl yang terdapat di dalamnya dapat mengurangi inflamasi, luka dan gatal. Selain itu, bahan alami ini juga dapat digunakan untuk pelapis selama masa penyembuhan karena bersifat antimikroba.

  • Witch hazel

Tanaman herbal ini dipercaya dapat mengurangi peradangan kulit, membunuh bakteri dan menyembuhkan luka lebih cepat dengan cara mengoleskannya pada bagian yang bermasalah.

  • Garam inggris

Mencampurkan air dengan garam inggris saat mandi adalah solusi tepat supaya luka bekas gigitan serangga cepat sembuh. Garam inggris juga dapat mengurangi pembengkakan sehingga kulit tidak terasa terlalu gatal lagi karena mencegah tubuh memproduksi histamin pemicu rasa gatal.

  • Oatmeal

Tahukah Anda bahwa mandi oatmeal juga dapat menenangkan kulit yang meradang.

  • Cuka apel dan cuka putih

Menurut Petly, kandungan antibakteri dan antihistamin yang terkandung di dalamnya dapat menghilangkan rasa gatal dan menyembuhkan sengatan binatang meskipun awalnya terasa perih.

Baca Juga: Obat Alergi

  • Daun pisang raja

Bahan alami ini dipercaya dapat menyembuhkan bekas gigitan serangga karena mampu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan di kulit. Cukup dengan membungkus darah yang luka dengan kulit pisang dan gosokan secara perlahan.

  • Bawang

Gosokan bawang pada bagian yang digigit serangga atau luka yang terbuka. Namun, pengobatan ini membutuhkan jangka waktu yang panjang.

  • Lumpur

Lumpur dapat mendinginkan bekas gigitan dan mengurangi peradangan, bahkan dapat mencegah Anda terkena gigitan lagi.

  • Madu

Tentunya bahan yang satu ini telah dikenal memiliki banyak khasiat dan salah satunya yaitu untuk menghilangkan rasa gatal. Madu memiliki kandungan anti-bakteri, penggunaan madu saat berada di luar ruangan tidak disarankan karena rasanya yang manis justru mengundang serangga.

  • Kulit pisang

Kulit pisang memang dapat membuat Anda lega setelah menggosokkannya pada bagian yang gatal karena digigt serangga,  namun bahan alami ini sulit dicari saat Anda berpergian.

Baca Juga: Khasiat Minum Teh Hijau Thailand Bagi Kesehatan

Jadi itulah 10 bahan alami untuk menghilangkan rasa gatal di kulit yang aman tanpa efek samping dan tidak juga membutuhkan biaya yang mahal. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

| 10 Bahan Alami Untuk Meredakan Rasa Gatal di Kulit

10 Bahan Alami Untuk Meredakan Rasa Gatal di Kulit | ayu300 | 4.5
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!